Manfaat dan Bahaya Terapi Ceragem, Perpaduan Pengobatan Timur dan Barat

bahaya-terapi-ceragem-doktersehat
Photo source: NearSay.com

DokterSehat.Com – Apakah Anda pernah mendengar ceragem sebelumnya? Ceragem adalah sebuah terapi yang bermanfaat bagi kesehatan. Tertarik untuk mencoba terapi ceragem namun masih mempertanyakan bahaya terapi ceragem?

Sebaiknya, sebelum Anda mencoba terapi ceragem maka bacalah lebih lanjut penjelasan ini. Ada beberapa informasi terkait terapi ceragem termasuk pengertian terapi ceragem, manfaat terapi ceragem, dan bahaya terapi ceragem.

Apa itu terapi ceragem?

Terapi ceragem adalah sebuah terapi kesehatan yang menggunakan alat terapi ceragem. Alat terapi ceragem adalah tempat tidur seperti di rumah sakit tetapi telah dilengkapi dengan sinar infra merah jarak jauh.

Ceragem merupakan sebuah pengobatan yang memadukan terapi kesehatan ala barat dan timur. Pengobatan dengan menggunakan terapi ceragem berasal dari negeri ginseng yaitu Korea Selatan.

Sebenarnya, terapi ceragem telah dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan terapi batu giok karena ada jenis alat ceragem yang dilengkapi dengan batu giok. Kini, terapi batu giok telah muncul kembali dengan alat yang lebih inovatif.

Cara terapi ceragem

Terapi ceragem memiliki mekanisme kerja yang relatif sederhana dan efektif. Pada dasarnya, pasien yang ingin melakukan terapi ceragem cukup membaringkan diri di atas alat terapi ceragem.

Pasien perlu merilekskan tubuhnya agar tubuh lebih lemas dan tidak kaku. Selain itu, pasien juga perlu menenangkan pikiran dan melupakan masalah kehidupan sejenak. Kedua persiapan tersebut penting karena bisa membantu Anda mendapatkan manfaat ceragem.

Setelah terapis yakin tubuh Anda sudah rileks dan pikiran tenang maka terapis akan langsung menyalakan sinar infra merah. Tak lama, Anda akan mendapati tubuh Anda hangat dan lebih ringan.

Sinar infra merah memang akan menyinari tubuh Anda dan menghangatkan. Namun, proses penyinaran tersebut bukanlah sekedar penghangatan tubuh. Pada saat proses penyinaran itulah proses pengobatan berlangsung.

Tubuh yang terkena sinar infra merah jarak jauh akan berdampak positif. Sinar infra merah akan menembuh permukaan tubuh hingga kedalaman kurang lebih 12 hingga 13 cm. Ketika penyinaran infra merah berlangsung maka pembuluh darah Anda akan lebih lebar.

Baca Juga: Menguak Fakta Positif Negatif dari Terapi Chiropractic, Lebih Banyak Mana?

Sumbatan yang ada di pembuluh darah pun akan tersingkir. Selain itu, saraf-saraf, otot, dan tulang tubuh pun berada dalam perbaikan. Manfaat ceragem ada karena adanya perbaikan pada saraf, otot, tulang, dan pembuluh darah.

Selain dengan penyinaran, ada pula alat terapi ceragem yang memiliki fitur pijatan. Kepala dan tubuh bagian belakang akan mendapatkan pijatan lembut namun berkhasiat. Hal ini membuat tubuh Anda semakin rileks dan nyaman.

Manfaat terapi ceragem

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penerapan terapi ceragem. Manfaat ceragem sudah tentu sangat terkait dengan kesehatan tubuh melalui pembuluh darah, saraf, otot, dan tulang.

Berikut ini adalah beberapa manfaat terapi ceragem:

1. Memperbaiki sirkulasi darah

Perusahaan yang memproduksi alat ceragem mengklaim bahwa terapi ceragem bermanfaat untuk memperbaiki sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan proses penyinaran serta pemijatan yang dapat membuka pembuluh darah sehingga sirkulasi menjadi lebih lancar.

Pembuluh darah yang lebih terbuka akan menghilangkan segala hal yang menyumbat aliran darah di dalam pembuluh darah. Sirkulasi pun menjadi lebih lancar dan ini berdampak positif bagi kesehatan tubuh bagian lainnya.

2. Merilekskan otot-otot tubuh

Tak hanya berdampak pada pembuluh darah, terapi ceragem juga baik untuk otot tubuh. Otot tubuh menjadi lebih rileks karena sudah tidak tegang lagi. Ketegangan otot yang berkurang ini dapat meredakan nyeri.

3. Memperbaiki struktur tulang dan sendi

Terapi ceragem juga diklaim memiliki manfaat serupa dengan chiropractic atau kiropraktik. Penyinaran dan pemijatan yang didapatkan pasien bisa memperbaiki sistem rangka tubuh. Ini dapat meningkatkan fleksibilitas postur tubuh dan gerakan persendian.

4. Mengobati beberapa jenis penyakit

Perusahaan asal Korea Selatan yang memperkenalkan terapi ceragem ini juga mengklaim bahwa ceragem dapat mengobati beberapa jenis penyakit. Beberapa jenis penyakit yang dapat diobat seperti encok, saraf terjepit, skoliosis, rematik, sembelit, nyeri, migrain, amebein, radang sendi, dan lainnya.

5. Membuang racun-racun tubuh

Manfaat ceragem juga diklaim menyerupai detoksifikasi. Efek proses penyinaran infra merah ke dalam tubuh akan membuat semua racun-racun yang ada di dalam tubuh terbuang secara berangsur baik melalui keringat, air seni, maupun tinja.

6. Meningkatkan kesehatan sistem organ

Terapi ceragem juga dapat meningkatkan kesehatan sistem organ tubuh seperti sistem pencernaan dan sistem pernapasan. Hal ini erat kaitannya dengan sirkulasi darah yang lebih baik dan detoksifikasi melalui terapi ceragem.

7. Menenangkan pikiran

Tak hanya fisik, terapi ceragam juga memiliki manfaat bagi kesehatan jiwa. Pikiran menjadi lebih tenang dan jernih. Kecemasan dan kegelisahan pun bisa hilang karena efek rileksasi pasca terapi ceragem.

Baca Juga: 9 Manfaat Bekam yang Menakjubkan dan Efek Sampingnya

Adakah bahaya terapi ceragem?

Meskipun terapi ceragem telah diklaim memiliki beberapa manfaat, tetapi sebaiknya Anda juga perlu mengetahui adanya kemungkinan bahaya terapi ceragem. Sinar infra merah yang merupakan komponen utama alat ceragem memiliki kemungkinan beberapa efek negatif.

Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan jika proses penyinaran infra merah dilakukan dengan prosedur yang salah atau tidak tepat. Penyinaran yang berlangsung lama bisa membuat tubuh menjadi panas.

Tubuh yang terus terpapar sinar infra merah pun akan mengalami penebalan kulit. Tak sampai situ, penebalan kulit ini juga berisiko berkembang menjadi kanker kulit. Parahnya lagi, apabila ada kesalahan teknis yang membuat sinar infra merah menyinari mata.

Mata yang terpapar sinar infra merah akan mengalami kerusakan pada bagian kornea. Kerusakan kornea mata bisa membuat penglihatan Anda menjadi buram sehingga memerlukan tindakan keratoplasty atau operasi pencangkokan kornea mata.