Cepat Lelah Saat Berlari? Gunakan 4 Tips Ini

makanan-untuk-olahraga-lari-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Lari merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari. Selain sangat praktis, alias bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, lari juga tergolong sebagai olahraga yang ekonomis. Artinya, kita tidak membutuhkan biaya lebih untuk melakukannya.

Namun, walau terkesan sederhana, tidak sedikit orang yang merasa kewalahan saat berlari, terutama bagi mereka yang jarang berolahraga. Sebab, lari bisa menguras energi cukup kuat, sehingga sangat cepat mendatangkan efek lelah. Dengan begitu, banyak yang enggan melakukan olahraga ini karena rasa lelah yang diciptakan teramat dahsyat.

Padahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak mudah lelah saat berlari. Apa saja cara tersebut? Berikut di antaranya:

1. Lakukan Pemanasan

Pemanasan atau peregangan sangat penting dilakukan, baik dalam bentuk atau jenis olahraga apapun. Sebab, dengan pemanasan, sama saja kita melatih otot pada tubuh agar tidak kaget ketika digunakan. Selain itu, pemanasan juga bisa mengurangi risiko cedera sehingga kita bisa berolahraga dengan aman.

2. Perhatikan Langkah Kaki

Saat berlari, ada beberapa teknik yang perlu Anda ketahui agar tak mudah lelah. Salah satunya adalah memerhatikan langkah kaki. Sebab, cara yang tepat saat berlari adalah mengangkat kaki lebih tinggi ketika sedang melangkah. Cara ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi yang akan membuat otot menjadi lebih kuat.

3. Sesuaikan Kemampuan

Hal ini memang penting, namun sering diabaikan. Sebab, bagaimanapun juga kita harus mengukur batas kemampuan. Jangan sampai, karena rasa gengsi atau obsesi yang tinggi membuat kita memforsir tubuh dengan berlari terlalu kencang dan terlalu jauh. Hal ini akan membuat kita menjadi sangat mudah lelah dan payah.

4. Camilan yang Tepat

Beberapa saat sebelum lari, sebaiknya Anda mengonsumsi camilan yang tepat. Camilan tepat ini maksudnya adalah makanan yang kaya karbohidrat dan glukosa. Sebab, camilan tersebut bisa memberikan cadangan energi kepada tubuh kita.