Terbit: 22 April 2018 | Diperbarui: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menghadapi persalinan bukan perkara mudah bagi ibu hamil. Banyak wanita mengalami kecemasan dan kekhawatiran hingga ketakutan berlebihan jelang hari melahirkan. Pada kondisi yang sangat parah, kondisi ini dapat menimbulkan phobia, kecemasan atau kecemasan persalinan ekstrem yang disebut tokophobia. Lalu, bagaimana cara mengatasi kecemasan tersebut?

Cemas Menghadapi Persalinan? Ini Solusinya

Photo Credit: Praveen Kumar

Cara Mengatasi Kecemasan Sebelum Persalinan

Kecemasan saat menghadapi persalinan merupakan hal yag normal. Rata-rata wanita takut menghadapi persalinan karena rasa sakitnya, sementara banyak juga yang cemas karena berbagai kemungkinan buruk saat persalinan.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan saat persalinan antara lain:

1. Pelajari tanda-tanda dan tahapan persalinan

Penting bagi ibu hamil untuk mengetahui tanda-tanda persalinan. Dengan demikian, ibu dapat bersikap lebih tenang ketika tanda persalinan tersebut tiba. Selain mencari tahu tentang tanda-tanda persalinan, ibu juga perlu untuk mencari tahu tentang tahapan persalinan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Informasi ini penting bukan hanya bagi ibu yang akan melahirkan normal namun juga bagi ibu yang akan melahirkan dengan operasi caesar. Anda bisa mendapatkannya dari buku, internet, konsultasi langsung ke dokter kandungan dan mengikuti kelas persiapan persalinan.

2. Relaksasi

Latihan relaksasi dapat membantu Anda untuk mengendalikan emosi agar tetap stabil. Selain itu relaksasi juga dapat membantu Anda untuk mengatasi rasa sakit dan membantu keseluruhan proses tidak terlalu traumatis. Latihan relaksasi yang bisa Anda lakukan antara lain yoga, dan senam hamil.

3. Ajak bayi bicara

Sering mengajak bayi bicara sejak awal kehamilan dapat membantu mengurangi kecemasan Anda menghadapi persalinan. Ketika rasa cemas itu muncul, letakkan tangan Anda di perut dan rasakan gerakan bayi. Komunikasi dengan bayi dapat membantu Anda secara moril untuk menghilangkan kecemasan.

4. Gaya hidup sehat

Selama kehamilan, Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kondisi kesehatan Anda dan janin. Hindari rokok, alkohol dan makan makanan sehat serta istirahat yang cukup dapat membantu Anda untuk menghindari kecemasan jelang persalinan.

Selain dari cara di atas, Anda juga dapat membicarakan masalah ini pada dokter kandungan atau psikolog yang Anda percayai.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi