Hobi Pakai Celana Ketat, Waspada Asam Lambung Naik

sakit-perut-masuk-angin-doktersehat

DokterSehat.Com– Belakangan ini model celana ketat cenderung lebih digemari oleh anak muda. Memang, celana ketat bisa membuat kaki terlihat lebih jenjang yang tentu akan membuat penampilan menjadi lebih menarik. Yang menjadi masalah adalah, jika kita terlalu sering memakai celana ketat, khususnya yang terasa ketat pada bagian pinggang, maka risiko terkena kenaikan asam lambung juga meningkat.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Skotlandia dan dilakukan oleh para ahli dari Glasgow University, Strathclyde University, dan Southern General Hospital menghasilkan fakta bahwa mereka yang suka memakai celana ketat atau memakai ikat pinggang terlalu ketat cenderung lebih rentan mengalami masalah asam lambung tinggi. Jika hal ini sering terjadi, maka risiko untuk terkena kanker tenggorokan atau kanker esophagus tentu akan meningkat dengan signifikan.

Dalam penelitian ini, 24 partisipan yang tidak memiliki riwayat masalah asam lambung dilibatkan. Mereka kemudian diminta untuk menelan sebuah alat khusus untuk mengetahui kondisi tenggorokan mereka. Setelahnya, mereka diminta untuk makan dengan kondisi pinggang yang ketat akibat pemakaian ikat pinggang yang sangat kencang.

Hasil dari penelitian ini adalah, kondisi pinggang yang ketat ternyata bisa menyebabkan kenaikan asam lambung dengan cepat. Hanya saja, kondisi ini cenderung terjadi pada mereka yang memiliki berat badan lebih gemuk.

“Jika pinggang berada dalam kondisi ketat dan kita mengalami masalah kelebihan berat badan, maka katup pada perut dan tenggorokan bisa mengalami kerusakan dan akhirnya meningkatkan asam lambung dengan cepat,” tulis kepala penelitian ini, Profesor Kenneth McColl.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak lagi sering memakai celana ketat atau ikat pinggang yang terlalu kencang demi mencegah masalah asam lambung dan kanker tenggorokan.