Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Manusia tidak diciptakan secara sempurna, karena setiap manusia pasti memiliki kelebihan serta kekurangan. Satu hal yang pasti ialah bahwa manusia diciptakan dengan lima panca indra yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Cegah Penyakit Tuli dengan Banyak Mengonsumsi Buah Pisang

Namun, tidak semua manusia memiliki panca indra yang semuanya berfungsi dengan baik. Pasalnya, tidak sedikit dari mereka yang tidak bisa melihat, tidak bisa mendengar, serta memiliki kekurangan lainnya.

Mungkin Anda pernah menjumpai seseorang yang memiliki kekurangan pada indra pendengarannya atau yang biasa disebut dengan tuli. Tuli merupakan salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang pada telinga sehingga pendengaran tidak berfungsi dengan baik, bahkan tidak bisa mendengar sama sekali.

Biasanya, orang dengan masalah pendengaran seperti itu akan segera memeriksanya ke dokter spesialis THT. Tuli tidak bisa dibiarkan karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan memeriksanya ke dokter spesialis THT, maka akan diketahui apa penyebab dan bagaimana solusinya. Umumnya, dokter akan memberikan sebuah alat yang bisa digunakan untuk membantu pendengaran.

Sebelum masalah pendengaran atau tuli menimpa Anda, ada baiknya jika Anda mengenali gejalanya dan berusaha untuk mencegahnya dengan cara periksa ke dokter spesialis THT secara rutin. Selain itu, ternyata ada salah satu cara lain yang bisa mencegah datangnya tulis. Apakah cara itu? Caranya adalah sering mengonsumsi pisang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Ya, buah pisang merupakan buah yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Buah ini juga dipercaya ampuh untuk mencegah ketulian karena buah pisang mengandung potasium dan zinc yang berfungsi untuk melindungi pendengaran.

Pernyataan tersebut juga didukung oleh seorang ahli audiolog dari Adelaide Frances Aglipas yang menyatakan bahwa potasium dapat menjaga sensitivitas telinga terhadap suara, sedangkan zinc berfungsi untuk mencegah munculnya tinnitus atau masalah telinga berdengung.

Potasium dapat membantu mengubah suara menjadi sinyal yang bisa dibaca oleh saraf, sehingga peran potasium sangatlah penting dalam fungsi telinga. Akan tetapi, bukan berarti dengan mengonsumsi buah pisang lebih banyak mampu menyembuhkan ketulitan, hal ini hanya membantu untuk mencegah ketulian dan menjaga kemampuan pendengaran Anda saja.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi