Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi pasangan yang sudah menikah, seks merupakan aktivitas yang cukup menyenangkan karena dengan melakukan hubungan seks mereka bisa mengekspresikan rasa sayang. Selain menyenangkan, seks juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun rohani. Tak heran jika aktivitas seks sudah menjadi suatu kebutuhan yang harus terpenuhi.

Cegah Penyakit Sistitis Honeymoon dengan Buang Air Kecil Sebelum dan Sesudah Berhubungan Seks

Photo Credit : pexels.com

Akan tetapi, tidak sedikit pasangan yang tahu mengenai hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah melakukan hubungan seks. Padahal, aktivitas yang dilakukan sebelum dan sesudah melakukan hubungan seks juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah buang air kecil sebelum dan sesudah melakukan hubungan seks.

Hal ini dikarenakan, buang air kecil sebelum dan setelah melakukan hubungan seks sangat baik dilakukan, terutama pada wanita yang baru pertama kali melakukan hubungan seks atau sudah lama tidak melakukannya. Menurut dokter dari FKUI RSCM, membiasakan diri untuk buang air kecil sebelum dan sesudah melakukan hubungan seks dangat baik dalam mencegah penyakit infeksi saluran kencing.

Penyakit ini dapat menyerang wanita yang ditandai dengan rasa sakit saat buang air kecil karena adanya infeksi di dalamnya. Umumnya, wanita yang diserang oleh penyakit ini adalah wanita yang baru saja menikah, sehingga infeksi yang dialami pada kandung kemih disebut dengan sistitis honeymoon. Gejala yang biasa dirasakan saat penyakit ini menyerang adalah rasa sakit dan panas yang tidak tertahankan pada saat sedang buang air kecil, urine berwarna merah, dan mengalami demam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Selain itu, penderita penyakit ini juga bisa merasakan nyeri jika perut bagian bawah ditekan dan pada pemeriksaan urine ditemukan sel darah merah dan putih dalam jumlah yang sangat banyak. Jika penyakit ini dibiarkan cukup lama, maka dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya seperti ginjal.

Untuk mencegah sistitis honeymoon atau infeksi saluran kencing, Anda harus membiasakan diri untuk selalu buang air kecil sebelum dan setelah melakukan hubungan seks dengan pasangan. Memang akan terasa merepotkan dan sulit, karena pada saat gairah seks muncul, hal pertama yang ingin dilakukan adalah fokus melakukan hubungan seks dan mengabaikan aktivitas kecil lainnya yang dianggap dapat menurunkan gairah seksual.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi