Terbit: 18 November 2019 | Diperbarui: 20 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Wanita memang sangat rentan terkena penyakit kanker, salah satunya adalah kanker payudara. Penyakit kanker memang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Untuk itu, dibutuhkan upaya untuk mencegah penyakit tersebut datang. Mencegah kanker payudara bisa dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter, mengonsumsi makanan tertentu, atau dengan cara mengonsumsi ramuan herbal.

Cegah Penyakit Kanker Payudara dengan Kenari

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker payudara adalah kenari. Tahukah Anda kenari? Kenari merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan membuat aroma makanan menjadi lebih gurih dan sedap. Selain itu, kenari juga memiliki kandungan protein yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kenari sebenarnya bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala dan mencegah kebotakan. Dan baru-baru ini ada sebuah penelitian yang menemukan manfaat lain dari kenari yakni mapu mencegah kanker payudara. Hal ini terjadi karena kenari mengandung asam lemak sehat yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Marshall University School of Medicine, diketahui bahwa mengonsumsi kenari secara teratur setiap hari dapat mengurangi risiko wanita terkena kanker payudara. Seperti yang Anda ketahui bahwa kenari merupakan salah satu makanan yang cocok untuk dikonsumsi pada saat sedang diet. Ini ada hubungannya dengan pencegahan kanker payudara pada wanita.

Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya, namun penelitian ini menggunakan tikus sebagai objeknya. Tikus-tikus tersebut diberi makanan kenari setiap hari dan hasilnya tikus yang mengonsumsi kenari mengalami perlambatan pertumbuhan tumor dalam perutnya. Penemuan ini bisa digunakan oleh wanita yang sedang mengidap kanker payudara.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Lantas, bagaimana cara mengonsumsi kenari yang benar? Sebaiknya Anda tidak mengonsusi kenari yang dimasak bersama kue atau bahan lainnya karena dapat mengurangi manfaatnya. Anda bisa mencapurnya dengan secangkir teh hijau atau memakannya secara langsung agar kandungan di dalamnya tidak berkurang.

Untuk itu, sebelum terkena penyakit berbahaya tersebut, Ada baiknya jika membiasakan diri untuk mengonsumsi biji kenari sebanyak dua ons setiap hari. Disamping dapat memiliki tubuh yang langsing, kenari juga akan mencegah Anda mengidap penyakit kanker payudara


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi