Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara mengenai penuaan, tentu saja membuat sebagian orang menjadi khawatir, khususnya wanita. Pasalnya, penuaan bisa membuat penampilan seseorang menjadi kurang menarik lagi. Tapi penuaan adalah hal alami yang pasti dialami oleh semua orang karena bertambahnya usia. Namun, yang ditakutkan adalah terjadinya penuaan dini walaupun usia tidak terlalu tua.

Cegah Penuaan Vagina dengan 3 Cara ini

Photo Credit: pexels.com

Perlu diketahui juga, penuaan tidak hanya terjadi pada kulit wajah. Organ intim pun bisa mengalami penuaan yang mengakibatkan bentuknya menjadi kurang segar serta berkeriput. Dalam hal ini, alat kelamin wanita lah yang sering mengalami penuaan ditandai dengan tidak kencangnya bentuk vagina seperti sedia kala.

Ada beberapa hal yang bisa membuat vagina mengalami penuaan, misalnya melahirkan, gangguan hormon, penyakit serius, dan sebagainya. Maka dari itu, menjaga kesehatan vagina merupakan hal penting dan wajib dilakukan agar menghindari penuaan tersebut. Nah, jika Anda tidak ingin mengalami penuaan pada vagina, ada baiknya Anda mencegahnya dengan 3 cara ini.

Senam Kegel

Senam kegel adalah salah satu jenis senam yang dilakukan untuk melatih otot-otot yang terletak di area keintiman wanita. Senam ini dipercaya bisa mengencangkan serta memberikan suplai darah yang baik bagi vagina. Dengan rutin melakukannya, vagina akan menjadi lebih segar dan bebas dari penuaan. Maka dari itu, senam kegel sering dilakukan oleh ibu pasca persalinan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Pijat Vagina

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus datang ke tempat pijat. Sebab, tak sedikit orang yang malu ketika memijatkan alat kelaminnya. Namun, dalam proses pemijatan, Anda harus sangat hati-hati sebab vagina terbentuk dari berbagai anatomi di dalamnya. Usahakan memijatnya tidak terlalu keras karena tujuan pemijatan ini adalah melancarkan aliran darah pada vagina.

Nutrisi

Setelah melindunginya dari luar, maka Anda pun harus melindungi organ intim Anda dari dalam. Cara melindungi dari dalam bisa menggunakan ramuan herbal atau makanan yang bernutrisi tinggi, misalnya buah atau sayuran. Jika Anda ingin mengonsumsi ramuan herbal, diperbolehkan asal pas takarannya dan masih dalam batas wajar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi