Cegah Hipertensi dengan Avokad

Manfaat biji alpukat bagi kesehatan

DokterSehat.Com– Avokad seringkali dianggap sebagai buah yang tidak biasa. Sayangnya, kebanyakan orang berpikir jika avokad kurang baik bagi berat badan. Padahal, anggapan ini tidak sesuai dengan fakta medis. Avokad kaya akan berbagai nutrisi menyehatkan yang bisa membantu mencegah datangnya penyakit, termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Fakta unik ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Department of Nutritional Sciences, Pennsylvania State University. Dalam penelitian ini, 45 orang yang menderita masalah obesitas atau kelebihan berat badan dilibatkan. Para partisipan ini kemudian diminta untuk mengonsumsi avokad satu buah setiap hari dalam kurun waktu tertentu.

Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of the American Heart Association ini, disebutkan bahwa rutin mengonsumsi satu buah avokad setiap hari mampu menurunkan tekanan darah hingga sebanyak 13,5 mm/Hg. Bahkan, para peneliti menyebutkan bahwa pasien hipertensi ringan tidak perlu lagi minum obat jika mereka mau mengonsumsi avokad secara rutin dan menerapkan diet yang sehat.

“Di dalam avokad terdapat lemak tak jenuh dalam jumlah yang tingi. Mengonsumsinya bisa menghilangkan kadar kolesterol jahat atau LDL dengan efektif sekaligus membuat kadar kolesterol baik HDL tetap dalam kadar yang sehat,” ungkap salah satu peneliti.

Selain bisa menurunkan atau mencegah hipertensi, rajin mengonsumsi avokad ternyata juga bisa mencegah dibetes. Kandungan di dalamnya mampu membuat keefektivitasan fungsi insulin dalam tubuh tetap terjaga. Bagi mereka yang sudah berada dalam kondisi pre-diabetes, mengonsumsi avokad secara teratur bisa membuat risiko terkena diabetes menurun.

Di dalam avokad terdapat 20-35 persen dari total kebutuhan harian lemak tubuh. Keberadaan lemak sehat di dalamnya juga bisa membantu mencegah datangnya penyakit. Selain avokad, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mengonsumsi lemak sehat dri kacang-kacangan dan biji-bijian. Kita juga bisa mendapatkan lemak hewani yang sehat dari daging ikan, keju, susu, atau yoghurt.

Hanya saja, ada baiknya kita juga menurunkan asupan daging olahan seperti sosis, nugget, korbet, gorengan, dan junk food jika tetap ingin menjaga tekanan darah tetap normal sekaligus mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya lainnya.