Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tahukah Anda jika tidak hanya tubuh saja yang bisa mengalami dehidrasi, tapi organ intim wanita pun merasakan hal yang sama. Ya, organ intim wanita atau vagina juga bisa mengalami dehidrasi. Vagina merupakan salah satu organ yang sensitif pada tubuh wanita. Maka dari itu, diperlukan kedisiplinan guna merawat serta menjaga kesehatan dari organ intim tersebut.

Cegah Dehidrasi Vagina dengan 3 Cara ini!

Photo Credit : pexels.com

Vagina yang dehidrasi sering mengalami kering karena cairan pada tubuh tidak mampu mensuplai lebih banyak ke organ intim. Dengan keringnya vagina, maka Anda akan merasakan berbagai gangguan yang cukup membuat tidak nyaman. Misalnya kulit area vagina menjadi gatal disertai rasa nyeri yang datang dengan waktu lama. Jika dibiarkan, tentu saja hal tersebut bisa menyebabkan infeksi jamur yang fatal akibatnya.

Nah, untuk menghindari dehidarsi vagina, alangkah baiknya Anda memerhatikan 3 hal berikut ini:

1. Minum Air

Minum air putih yang cukup akan sangat baik bagi kesehatan tubuh serta organ intim Anda. Dengan suplai air yang cukup deras ke seluruh tubuh, termasuk vagina, maka kelembaban akan terjaga. Selain itu, banyak minum air juga dipercaya menghilangkan jamur di dalam penyebab aroma tak sedap di vagina. Oleh karenanya, Anda harus memenuhi kebutuhan air dan jangan sampai menguranginya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Konsumsi Buah dan Sayuran

Selain baik untuk tubuh, buah dan sayuran juga sangat baik bagi kesehatan vagina Anda. Perlu diketahui, saat vagina mengalami dehidrasi akan menyebabkan sensasi panas seperti terbakar. Kalau hal tersebut sudah muncul, akan sangat menyiksa. Nah, untuk menanggulanginya, Anda bisa mencegah atau mengobatinya dengan cara rajin mengonsumsi buah serta sayuran yang kaya akan serat.

3. Olahraga

Salah satu alasan dehidrasi vagina adalah karena otot serta sistem tidak mampu menyalurkan cairan secara lancar. Untuk melancarkannya, Anda harus sering berolahraga dan melatih seluruh otot Anda. Selain itu, berolahraga juga dipercaya bisa menjaga kelembaban vagina sehingga Anda akan terhindar dari dehidrasi vagina yang cukup menyebalkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi