DokterSehat.Com– Anda kerap mengalami flu saat sedang puasa? Ya, flu menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa dan kapan saja.

doktersehat-cegah-atasi-flu-puasa

Flu, apalagi diiringi dengan demam, saat kita sedang menjalani ibadah puasa tentu sangat mengganggu jalannya ibadah ya. Jika tidak pintar-pintar dalam mengatasinya maka bukan tidak mungkin puasa bisa jadi batal, lho.

Ada cukup banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah hingga mengatasi datangnya flu saat puasa.

Beberapa cara tersebut meliputi pengaturan makan yaitu pemilihan bahan makanan yang tepat, asupan air putih hingga kebiasaan istirahat.

Agar lebih memahami, yuk simak di bawah ini, apa saja sih cara mudah untuk cegah dan atasi flu selama puasa.

Cara mudah cegah flu saat puasa

1. Meningkatkan imunitas tubuh melalui asupan makanan segar

Cara pertama untuk mencegah datangnya flu saat puasa adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini akan sangat ampuh jika mengonsumsi asupan vitamin dan mineral yang diperoleh dari bahan makanan segar. Mengapa?

Asupan vitamin dan mineral dari bahan makanan segar akan dengan mudah diserap oleh tubuh dengan lebih optimal dan lebih banyak. Hal ini tentu akan secara efektif meningkatkan imunitas tubuh.

2. Pilih bahan makanan sumber vitamin C dan zink

Zat gizi penting yang harus ada dalam asupan makan sehari-hari untuk tingkatkan imunitas adalah vitamin C dan zink. Dua zat gizi ini menjadi vital untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Konsumsi bahan makanan sumber vitamimn C dan zink dari makanan segar, misalnya buah-buahan yang asam dan produk hewani, misalnya ikan laut atau daging merah sebaiknya ada dalam menu makanan harian selama puasa.

Pilih bahan makanan sumber vitamin C yang tidak asam untuk dikonsumsi pada saat awal berbuka, misalnya buah pepaya. Setelah berbuka, Anda bisa meningkatkan asupan vitamin C Anda dengan buah yang asam misalnya menambahkan irisan lemon pada air, seperti infused water atau lemon tea.

3. Perimbangkan menggunakan pemanis dari madu

Beberapa studi membuktikan bahwa konsumsi madu sebagai pemanis dapat lebih efektif mengurangi timbulnya hingga mencegah terjadiny flu. Kondisi ini disebabkan kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada madu yang mampu membuat tubuh lebih kebal dan mampu melawan virus flu.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk dapat mencegah datangnya flu saat sedang puasa. Gunakan madu sebagai pengganti gula selama puasa, namun tetap perhatikan agar Anda membatasi konsumsi madu paling banyak 5-6 sendok makan dalam sehari, ya.

Jika sudah terserang flu, lalu harus bagaiamana?

Saat sudah terserang flu, maka tiga hal di atas sebaiknya tetap Anda lakukan dengan melakukan beberapa hal yang mendukung percepatan kesembuhan, diantaranya:

1. Konsumsi suplemen vitamin C dan obat flu

Saat sudah mengalami kondisi sakit, kebutuhan vitamin C dalam tubuh lebih tinggi. Untuk itu setelah berkonsultasi dengan dokter akan kondisi flu dan resep obat flu, pertimbangkan untuk meminta resep suplemen vitamin yang cocok untuk kondisi flu saat puasa.

Berkonsltasi dengan dokter akan sangat efektif karena dokter akan memberikan resep obat dan suplemen yang tepat untuk kondisi kesehatan dan kondisi puasa yang sedang Anda jalani.

2. Perhatikan asupan air putih

Agar kondisi tubuh tetap fit, maka pastikan Anda selalu mengonsumsi air putih yang cukup, jika mungkin tingkatkan asupan air putih anda sebanyak 1-2 gelas. Hal ini penting untuk menjaga hidrasi tubuh tetap optimal saat puasa.

Untuk itu perhatikan agar Anda mampu mengatur asupan air putih dengan cara yang tepat saat puasa.

3. Istirahat cukup

Istirahat dalam waktu yang cukup, yaitu 7-8 jam sehari akan sangat membantu mempercepat kesembuhan Anda dalam mengatasi flu.

Pastikan Anda selalu cukup tidur agar asupan zat gizi dari makanan, minuman, obat serta suplemen bisa berfungsi optimal dalam tubuh Anda, ya.