Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Vagina yang berbau tidak sedap merupakan salah satu keresahan wanita. Selain mengurangi rasa percaya diri, bau vagina yang tidak sedap juga merupakan tanda gangguan kesehatan.

Cegah Bau Tidak Sedap Vagina Dengan Cara Ini

Pada dasarnya, setiap organ intim wanita memiliki aromanya sendiri dan hal ini adalah hal yang normal. Namun ada kalanya aroma vagina menjadi tidak sedap karena adanya infeksi, olahraga, keringat, perubahan hormonal dalam siklus menstruasi dan perubahan tingkat keasaman vagina. Untuk mencegah vagina berbau tidak sedap, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

Rutin membasuh vagina dengan air bersih
Vagina sebenarnya merupakan organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri dengan cairan vagina. Namun Anda juga perlu membersihkannya dengan air bersih, setidaknya dua atau tiga kali sehari. Usai dibersihkan, seka hingga kering agar tidak lembap saat mengenakan celana dalam.

Ganti celana dalam minimal dua kali sehari
Jangan lupa untuk mengganti celana dalam Anda setidaknya dua kali sehari, apalagi jika aktivitas Anda banyak mengeluarkan keringat. Penumpukan keringat di area vagina dapat menyebabkan vagina berbau tidak sedap.

Pilih celana dalam berbahan katun
Anda mungkin berpikir bahwa celana dalam berbahan sutra, satin, renda, dan polyester akan membuat Anda semakin seksi dan menambah kepercayaan diri. Boleh-boleh saja menggunakan pakaian dalam dengan bahan tersebut, namun sebaiknya tidak digunakan dalam waktu lama karena dapat mengiritasi jaringan tipis vagina.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Katun adalah bahan pakaian dalam terbaik dari segi kenyamanan dan kesehatan. Selain ringan dan nyaman digunakan sehari-hari, katun juga dapat menyerap keringat dan mengurangi kelembapan.

Kurangi gula
Terlalu banyak makan makanan manis dapat meningkatkan produksi mikroba tak sehat di area vagina sehingga dapat memicu bau tidak sedap.

Konsumsi probiotik alami
Anda juga dapat mengonsumsi probiotik alami seperti yogurt dan sayuran hijau untuk mencegah vagina berbau tidak sedap. Probiotik alami dapat meningkatkan perkembangan bakteri baik di vagina dan membunuh mikroba jahat.

Minum air putih
Saat kebutuhan air putih terpenuhi dengan baik, kelembapan area vagina pun dapat terjaga dengan baik. Selain air putih, Anda juga dapat mengonsumsi jus cranberry alami untuk meningkatkan produksi bakteri sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi