4 Cara Ini Efektif Cegah Bau Mulut Selama Puasa Ramadan

doktersehat-mulut-bau

DokterSehat.Com– Umat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Berpuasa dari fajar hingga senja, makan di malam hari, berlatih menahan diri dari hawa nafsu, sepanjang bulan ini akan penuh dengan kegiatan bagi seluruh umat Muslim.

Selama waktu sakral ini, umat Islam tidak mengonsumsi makanan atau minum air sepanjang hari. Berpuasa sepanjang hari bisa menjadi suatu tantangan, terutama karena masalah-masalah tertentu yang menyertainya.

Salah satu masalah seperti itu adalah bau mulut. Kekurangan makanan dan air dapat memengaruhi kesehatan mulut seseorang. Bau tak sedap dari napas Anda bisa menjadi penyebab rasa malu dalam kegiatan sosial Anda, bukan?

Itulah sebabnya, DokterSehat akan membagikan beberapa cara paling efektif untuk mencegah bau mulut, tanpa memengaruhi puasa Anda.

Sejak berabad-abad, orang-orang telah menggunakan kebiasaan yang umum, namun cara ini bisa mencegah masalah bau mulut agar dapat menikmati bulan suci dengan khusuk. \

Ada 4 cara yang dapat mencegah bau mulut selama puasa Ramadan, seperti melansir Boldsky, berikut ini:

1. Minum banyak air saat sahur

Minumlah setidaknya 2-3 gelas air saat sahur akan sangat bermanfaat bagi Anda. Itu tidak akan membiarkan mulutmu kering, sehingga mencegah bau mulut. Hal sederhana ini juga akan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Selain itu, setelah berbuka puasa, minumlah banyak air dan jagalah agar terhidrasi dengan baik.

2. Sikat sigi setelah makan sahur

Ini adalah cara sederhana yang biasa dilakukan, namun kuat, untuk mencegah bakteri menyebabkan napas menjadi bau. Ketika partikel makanan bersentuhan dengan bakteri, mereka menciptakan bau busuk. Itu sebabnya, sangat penting untuk menyikat gigi setidaknya 2 menit setelah makan.

3. Gunakan obat mulut antibakteri

Kurangnya air liur dan kekeringan di mulut adalah penyebab utama bau mulut. Dan dengan menggunakan obat kumur antibakteri, Anda akan menghentikan bakteri dalam rongga mulut Anda dari menciptakan bau yang tidak menyenangkan.

4. Bersihkan lidah Anda dua kali sehari

Cara yang efektif ini dapat menimbulkan keajaiban pada masalah bau mulut Anda. Gunakan pembersih lidah setidaknya dua kali sehari untuk menghilangkan plak di lidah Anda dan ini akan menghentikan bau mulut.

Mudah bukan? jagalah mulut Anda tetap segar di bulan Ramadan ya, Teman Sehat!