5 Cara Mudah Mencegah Asam Lambung Tinggi

asam-lambung-tinggi-doktersehat

DokterSehat.Com– Sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang sepele, dalam realitanya masalah asam lambung bisa mengganggu aktivitas harian kita. Hal ini disebabkan oleh sensasi tidak nyaman pada perut, dada, hingga tenggorokan. Makan dan minum akan menjadi terasa sangat tidak nyaman. Bahkan, banyak orang yang sampai kesulitan untuk berpikir akibat hal ini.

Beberapa cara mencegah asam lambung tinggi

Banyak orang yang menganggap kenaikan asam lambung dipicu oleh konsumsi makanan tertentu. Padahal, bisa jadi hal ini juga terkait dengan kebiasaan telat makan atau pola makan yang tidak sehat. Mengingat kondisi ini bisa cukup merepotkan, kita sebaiknya mengubah gaya hidup agar tidak sampai mengalami kondisi ini di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya asam lambung.

  1. Menurunkan berat badan

Mereka yang memiliki berat badan berlebih ternyata lebih rentan terkena masalah obesitas lho. Hal ini diungkap oleh Michael Vaezi, pakar kesehatan dari Vanderbilt University. Vaezi menyebut menumpuknya lemak di dalam lambung akan memberi tekanan pada bagian pinggul dan saluran pencernaan yang akhirnya bisa memicu kenaikan asam lambung.

Melihat fakta ini, Vaezi menyarankan kita untuk menurunkan berat badan dan mencoba untuk mempertahankan berat badan. Caranya tentu saja adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga.

  1. Menghindari beberapa jenis makanan

Jika kita sering mengeluhkan gejala kenaikan asam lambung, cobalah untuk mulai menghindari beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pemicunya seperti makanan pedas, makanan asam, gorengan, dan makanan cepat saji. Selain itu, cobalah untuk mengurangi asupan minuman berkarbonasi atau minuman berkafein. Bahkan, beberapa jenis buah-buahan seperti dari keluarga jeruk juga sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi demi mencegahnya.

  1. Jangan merokok

Merokok memang bisa memberikan banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan. Salah satu organ tubuh yang paling terdampak dari kandungan beracun rokok adalah lambung. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kandungan di dalam rokok yang bisa menurunkan produksi air liur, membuat katup pada kerongkongan bagian bawah menurun fungsinya, sekaligus memicu bergeraknya asam empedu hingga ke saluran pencernaan bagian atas.

Pakar kesehatan menyarankan siapa saja yang terbiasa merokok atau mengonsumsi alkohol untuk berhenti melakukan kebiasaan buruk tersebut jika tidak ingin terkena masalah asam lambung atau penyakit-penyakit lainnya.

  1. Jangan memakai pakaian ketat

Pakaian yang ketat memang bisa membuat penampilan menjadi lebih keren. Hanya saja, pakaian ketat bisa memberikan tekanan berlebihan bagi tubuh, khususnya bagian pinggul. Jika kita menggunakannya, maka tekanan ini bisa mendorong asam lambung untuk naik hingga ke bagian kerongkongan. Hal inilah yang memicu datangnya masalah asam lambung.

Selain tidak sembarangan menggunakan pakaian ketat, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak memakai celana yang sudah sempit di bagian kancingnya. Kita juga sebaiknya tidak menggunakan sabuk terlalu kencang demi mencegah masalah kenaikan asam lambung.

  1. Jangan langsung tiduran setelah makan

Kita tentu sering mendengar saran ini dari orang tua. Sayangnya, karena kekenyangan atau tubuh yang terasa lelah, kita bisa saja langsung berbaring, tiduran, atau bahkan benar-benar tidur setelah makan. Padahal, posisi tubuh yang berbaring ini bisa membuat asam lambung lebih mudah naik lagi ke kerongkongan.

Tunggulah sekitar 1 jam setelah makan sebelum kita memutuskan untuk berbaring atau tiduran. Hanya saja, jika tubuh memang sedang dalam kondisi sangat lelah, sebaiknya kita memakai bantal yang tinggi atau bersantai dalam posisi duduk demi mencegah kenaikan asam lambung.