Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kanker tulang memang menjadi salah satu penyakit yang cukup langka dan jarang terjadi. Kanker tulang terjadi karena sel-sel yang berada pada tulang membelah diri sehingga jumlahnya tak terkontrol. Jika dibiarkan, sel-sel tersebut bisa menggerogoti tulang yang akibatnya akan menimbulkan kerapuhan dan akhirnya terjadi penyebaran sel kanker yang biasa disebut metastasis.

Cegah Ancaman Kanker Tulang dengan 4 Jenis Makanan ini!

Kendati terbilang langka dan jarang terjadi, penyakit ini juga cukup ganas dan mematikan jika tidak ditangani secara cepat. Ada beberapa kasus terjadi yang mewajibkan penderita kanker tulang harus mengamputasi salah satu organ tubuhnya agar sel kanker tak menyebar ke bagian lainnya. Tentunya hal tersebut cukup mengerikan. Maka dari itu, ada baiknya mulai sekarang Anda menjaga tubuh agar tidak terkena penyakit mengerikan ini.

Dihimpun dari berbagai sumber, ada setidaknya 4 jenis makanan yang bisa digunakan sebagai pencegah ancaman penyakit kanker tulang. Berikut diantaranya.

1. Rempah

Ada banyak jenis rempah-rempah yang mudah ditemui di Indonesia, misalnya kunyit, jahe, dan rempah lainnya. Nah, rempah-rempah sendiri dipercaya bis menjaga kekuatan tulang sehingga tidak membelah dan membentuk sel baru yang berpotensi menyebabkan kanker. Anda bisa mengonsumsi berbagai macam jenis rempah dengan mengolahnya menjadi minuman. Dianjurkan untuk rutin meminumnya, karena selain bisa mencegah kanker tulang, minuman rempah juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Teh Hijau

Jenis teh yang satu ini cukup populer dan dikenal sebagai jenis minuman yang bisa menurunkan berat badan. Namun, dibalik manfaatnya tersebut, teh hijau juga bisa mencegah datangnya kanker tulang. Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh hijau bisa mengembalikan kondisi tubuh yang sedang lemah. Tentunya hal itu bisa mengatasi perkembangan sel kanker dan membunuhnya. Selain untuk kanker tulang, teh hijau juga bisa digunakan untuk mencegah kanker payudara, kanker serviks, dan jenis kanker lainnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Jamur

Sampai saat ini, jamur dipercaya sebagai hasil tumbuhan yang kaya akan vitamin D. Nah, vitamin D sendiri diperlukan oleh tulang untuk mengganti sel-sel yang hilang dan keropos. Maka dari itu, seringlah mengonsumsi jamur agar Anda terhindar dari penyakit kanker tulang. Anda bisa mengolahnya menjadi sayuran ataupun jenis olahan lainnya, misalnya sate jamur.

4. Keju

Siapa sangka, dibalik nikmatnya makanan yang satu ini ternyata menyimpan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh seseorang. Salah satu manfaat keju adalah sebagai pencegah datangnya kanker tulang. Produk olahan dari susu ini mengandung banyak kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Semakin baik kesehatan tulang, maka semakin rendah pula risiko terkena kanker.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi