Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebuah kasus kesalahan medis yang cukup fatal terjadi di Sushruta Trauma Centre, sebuah rumah sakit yang ada di India. Seorang pasien bernama Vijendra Tyagi baru saja mengalami kecelakaan dan mengalami cedera pada kapala dan wajah. Sayangnya, bukannya menangani cedera yang sebenarnya cukup ringan ini, dokter bedah justru menjalankan operasi patah tulang kaki padanya.

Cedera Kepala, Pria Ini Malah Mendapatkan Operasi Kaki

Yang menjadi masalah adalah, tulang kaki yang tidak bermasalah sama sekali ini harus dibor agar bisa dipasangi pin. Pihak keluarga yang menyadari kesalahan ini langsung memberitahu rumah sakit bahwa mereka menjalankan prosedur medis yang salah pada pria malang ini.

Saat menjalani operasi, Vijendra masih dalam pengaruh anestesi sehingga tidak mampu memberitahu dokter bahwa dirinya hanya mengalami cedera kepala dan wajah. Memang, pihak rumah sakit langsung menjalani prosedur untuk memperbaiki kesalahan yang mereka lakukan. Namun, kini sang ayah tak mampu berjalan karena harus menjalani proses pemulihan.

Pihak rumah sakit meminta maaf akan kesalahan ini dan telah memberikan hukuman bagi ahli bedah yang melakukan tindakan sembrono tersebut. Sayangnya, kasus ini ternyata bukanlah yang pertama kali terjadi di rumah sakit tersebut. Sebelumnya, terdapat seorang dokter yang salah menjalanan prosedur medis pada pasien dengan gangguan ginjal.

Pakar kesehatan Dr. Rob Hackett dari Sydney, Australia, menyarankan semua tenaga medis di seluruh dunia untuk memakai keterangan nama dan profesi pada topi atau pakaian yang mereka kenakan agar pasien dan keluarganya mengenali mereka sehingga bisa bertanya-tanya tentang tindakan medis apa yang akan dilakukan pada pasien sehingga menghindari kekeliruan medis seperti yang terjadi di India ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Semoga kasus ini tidak sampai terjadi di Indonesia ya?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi