Terbit: 28 Januari 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Caviar adalah telur ikan sturgeon yang diawetkan dengan garam. Jenis makanan ini termasuk makanan langka, mahal, dan mengandung nutrisi tinggi. Ketahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan tubuh jika Anda rutin mengonsumsi telur ini.

13 Manfaat Caviar bagi Kesehatan (Lengkap dengan Kandungannya)

Kandungan Caviar

Sebelum menjelaskan apa itu caviar, berikut adalah berbagai kandungan yang ada di dalamnya, antara lain:

  • Kalori.
  • Lemak jenuh.
  • Sodium.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Gula.
  • Protein.
  • Vitamin B 12.
  • Lemak tak jenuh ganda.
  • Lemak tak jenuh tunggal.
  • Magnesium.
  • Selenium.

Selain itu, telur ikan ini  sangat kaya akan asam lemak omega-3. Satu porsi menyediakan 439 miligram omega-3 fatty acid EPA dan dan 608 miligram DHA. Asam lemak omega-3 adalah lemak esensial, lemak yang harus dikonsumsi dalam makanan karena tubuh tidak memproduksinya.

Manfaat Caviar bagi Kesehatan

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Meringankan Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis yaitu peradangan yang bersifat kronis. Selain gejala pada sendi, penderita juga dapat merasakan gejala di bagian tubuh yang lain. Seseorang yang memiliki keadaan ini biasanya memiliki riwayat keluarga yang sama. Akan tetapi faktor lingkungan atau paparan bahan kimia dapat memicu terjadinya hal ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Beberapa peneliti meyakini bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam telur ikan ini dapat membantu mengurangi keadaan ini.

2. Menjaga Kesehatan Otak

EPA, DHA, dan DPA yang ditemukan dalam telur ikan ini dapat membantu melawan penurunan kognitif, serta meningkatkan kesehatan dan perbaikan otak. DHA berperan dalam bagian yang sangat besar pada materi abu-abu di otak (kecerdasan) dan di retina (penglihatan total mata). Jenis omega-3 ini membentuk kepekaan neuron sehingga membantu menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat.

Asam lemak omega-3 membantu pembentukan neuron dan transporter glukosa. Ini adalah nutrisi utama yang membantu otak berfungsi.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Baik DHA dan EPA juga penting untuk perkembangan visual (pada bayi) dan fungsi retina (pada anak-anak dan orang dewasa). Orang yang tidak mendapatkan cukup omega-3 dalam makanannya mungkin memiliki peningkatan risiko retinopati diabetik, degenerasi makula terkait usia, dan sindrom mata kering.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Asam lemak omega-3 dalam caviar juga membantu mengurangi penggumpalan darah dan peradangan dalam tubuh. Selain itu, asam lemak ini juga dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Mengurangi Garis Halus di Wajah

Seiring bertambahnya usia, garis halus di wajah adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari. Guna mengatasi hal ini, Anda bisa mendapatkan manfaat dari produk perawatan yang mengandung ekstrak caviar. Sifat antioksidan di dalam telur ikan ini dapat membantu mencegah kerusakan kolagen dan elastin sehingga sangat baik untuk mengurangi munculnya kerutan.

6. Menjaga Kelembapan Kulit

Ekstrak telur ikan ini juga berfungsi untuk melembapkan karena kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 nya memainkan peran penting dalam melindungi kulit. Kulit yang terjaga kelembapannya membuat kulit tampak lebih bercahaya dan awet muda.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Selain berguna untuk kulit, ekstrak telur ikan ini juga memberikan manfaat antipenuaan yang berguna untuk rambut. Kemampuan melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan kemampuan melembapkannya ternyata juga berguna untuk mendukung kesehatan rambut.

Produk perawatan yang mengandung ekstrak caviar akan memberikan hidrasi dan meningkatkan kilau rambut.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 dapat membantu Anda mencapai kesehatan jantung yang optimal dengan mengonsumsi hanya satu gram caviar setiap hari. Asam lemak ini menurunkan risiko pembekuan darah, mengurangi kemungkinan terkena stroke/serangan jantung, dan melindungi arteri dari pengerasan.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selenium yang terdapat di dalamnya bekerja dengan vitamin E untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Dampak lanjutannya, hal ini menjadikan caviar asupan yang baik untuk pencegahan penyakit.

Selenium dikenal sebagai vital trace mineral yang memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan meningkatkan fungsi kognitif. Bahkan, mineral ini juga penting untuk mendukung fungsi tiroid yang sehat.

10. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Caviar dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk vitamin B12. Vitamin esensial ini menghasilkan sel darah merah dan membantu asam lemak bekerja dengan baik. Saat tubuh kekurangan vitamin B12, kelelahan, depresi, anemia, berkurangnya fungsi otak, kesemutan, dan mati rasa pada anggota tubuh bisa terjadi.

11. Membantu Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat kesehatan potensial telur ikan ini mungkin belum terbukti secara ilmiah, namun klaim khasiatnya terkait memperbaiki mood perlu dilakukan penelitian lanjutan. Beberapa orang merekomendasikan telur ini untuk orang yang menderita depresi.

12. Meningkatkan Libido

Makanan tinggi lemak ini membantu merangsang produksi hormon seks seperti testosteron, hormon utama pria yang bertanggung jawab untuk meningkatkan libido. Telur ikan ini juga mengandung vitamin yang sama dengan telur ayam, termasuk B5 dan B6, yang membantu menyeimbangkan kadar hormon yang penting untuk dorongan seks yang sehat.

Kandungan lain seperti vitamin B12, riboflavin, dan kalsium yang baik, semuanya membantu memaksimalkan tingkat energi sebelum berhubungan seks.

13. Menjaga Kesehatan Otot

Caviar adalah salah satu sumber kalsium dan fosfor terbaik yang biasanya dibutuhkan untuk berfungsinya otot dan tulang yang sehat.

Selain itu, komponen magnesium dalam telur ikan ini juga dapat membantu otot rileks dan pulih dari stres. Kandungan vitamin D di dalamnya membantu penyerapan dan pemanfaatan kalsium dari jenis makanan lain yang Anda makan.

Baca Juga: 8 Manfaat Ikan Kakap bagi Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Mengapa Caviar Mahal?

Ikan sturgeon betina tidak menghasilkan telur sampai berumur kira-kira 10-15 tahun. Selain usia, untuk mendapatkan telurnya ikan harus dibunuh. Namun hingga saat ini pembudidaya ikan terus mengembangkan teknologi tanpa mengobarkan ikan betina, hal ini bagus untuk peternak agar bisa memanfaatkannya berulang kali. Beberapa spesies sturgeon yang menghasilkan bentuk telur yang banyak dicari dan mahal.

Berikut jenis-jenis ikan sturgeon yang menghasilkan caviar adalah:

  • Beluga.
  • American White.
  • American Hackleback.
  • Wild Paddlefish Caviar.

 

  1. Anonim. 2020. Is Caviar Good? The 5 Health Benefits oo Caviar!. https://globalseafoods.com/blogs/news/5-health-benefits-of-caviar. (Diakses pada 28 Januari 2021).
  2. Anonim. The Many Health Benefits Of Caviar. https://www.chilihousesf.com/blog/2019/11/the-many-health-benefits-of-caviar/. (Diakses pada 28 Januari 2021).
  3. Anonim. The Sex Benefits of Caviar. https://home.khavyar.com/blogs/notes/the-sex-benefits-of-caviar. (Diakses pada 28 Januari 2021).
  4. Frey, Malia. 2020. Fish Egg Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/fish-egg-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4163031#adverse-effects. (Diakses pada 28 Januari 2021).
  5. Rekstis, Emily. 2017. People Are Obsessed With Caviar In Their Beauty Products—Here’s Why. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19963426/caviar-extract-benefits/. (Diakses pada 28 Januari 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi