Suka Catok Rambut Setiap Hari? Ini Bahaya dan Cara Mengatasinya

catok-rambut-doktersehat

DokterSehat.Com – Catok rambut biasa dilakukan wanita untuk meluruskan rambut atau merapikan rambut. Bagi sebagian wanita, cantok rambut sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dilakukan setiap hari. Meluruskan rambut dengan catokan setiap hari biasanya dipilih oleh mereka yang tidak ingin meluruskan rambut dengan jalan smoothing atau rebonding rambut.

Tapi, apakah menggunakan pelurus rambut seperti catokan setiap hari aman untuk rambut? Tentu saja cara meluruskan rambut yang satu ini tidak bisa dianggap aman. Suhu tinggi dari catokan bisa memberikan berbagai efek tidak baik pada rambut kita. Berikut adalah bahaya catok rambut setiap hari dan cara mengatasinya yang wajib Anda ketahui!

Bahaya Catok Rambut Setiap Hari

Rata-rata catokan memiliki pengaturan suhu mencapai 230 derajat. Suhu tinggi memang dengan mudah dapat membuat rambut kita lurus seketika, tapi apa yang terjadi jika kita menggunakannya setiap hari? Berikut adalah bahaya catok rambut setiap hari yang mengintai Anda!

Kerusakan Rambut

Bahaya catok rambut setiap hari yang pertama adalah kerusakan rambut. Rambut yang terbakar suhu tinggi dari catokan akan kehilangan kelembabannya dan menjadi kering. Rambut yang terlalu kering akan memberikan efek rambut yang kasar dan juga menimbulkan rambut bercabang. Rambut juga jadi kehilangan kilaunya dan terlihat kusam.

Kerusakan rambut juga bisa ditandai dengan berubahnya warna rambut. Rambut yang awalnya berwarna hitam atau cokelat tua, bisa berubah menjadi warna merah atau kuning. Rambut yang kering, kasar, dan terlihat kusam tentunya akan lebih sulit diatur dan bisa merusak panampilan Anda.

Kerontokan Rambut

Bahaya catok rambut selanjutnya adalah rambut akan mudah rontok atau patah. Sebelum mencatok rambut, Anda mungkin akan menggunakan berbagai produk dengan tujuan untuk mendapatkan hasil catokan yang lebih rapi dan halus. Sayangnya, kandungan bahan kimia pada produk rambut ditambah dengan suhu tinggi dari catokan yang digunakan setiap hari justru akan melemahkan folikel rambut dan membuat rambut jadi lebih lemah dan rapuh.

Selain folikel rambut melemah, ada juga kemungkinan kerusakan akar rambut yang memperparah kerontokan rambut. Tidak hanya rontok, keadaan ini juga bisa membuat regenerasi rambut menjadi lterhambat. Jika dibiarkan, kerontokan rambut akibat penggunaan catokan setiap hari ini juga bisa menyebabkan kebotakan.

Selain kedua bahaya catok rambut tersebut, catok rambut memiliki bahaya lain seperti timbulnya alergi dan rambut yang tidak kembali ke bentuk semula. Namun bahaya tersebut umumnya dirasakan oleh orang yang mencoba untuk meluruskan rambut secara permanen.

baca juga : Hal-Hal Sepele Ini Bisa Membuat Rambut Mudah Rusak

Cara Mengatasi Bahaya Catok Rambut

Masalah rambut rusak dan juga kerontokan rambut parah bukanlah hal yang bisa dianggap enteng. Tujuan dari catok rambut adalah untuk memperindah tampilan rambut, tapi hasilnya justru sebaliknya yaitu kerusakan rambut yang membuat rambut kehilangan kesehatan dan keindahannya. Penggunaan catokan setiap hari memang sanga tidak disarankan.

Tapi jika Anda merupakan orang yang kesulitan untuk berpisah sepenuhnya dengan catokan, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan agar dapat terhindar dari bahaya catok rambut di atas!

1. Atur Suhu Ideal Catokan

Cara pertama untuk menghindari bahaya catokan adalah mengatur suhu catokan tidak terlalu tinggi. Suhu catokan umumnya bisa diatur pada skala 180 hingga 230 derajat. Suhu ideal yang tidak akan merusak rambut adalah pada titik 180 derajat.

Jangan beranggapan bahwa semakin tinggi suhu maka meluruskan rambut akan jadi lebih mudah. Selain pengaturam suhu, energi yang Anda keluarkan ketika mencatok rambut juga berpengaruh pada hasil catokan yang lebih maksimal.

2. Gunakan Hair Protection

Cara menghindari bahaya catok rambut selanjutnya adalah denagn menggunakan produk hair protection. Kandungan minyak alami dan silicon dalam hair protection akan diserap oleh rambut dan menjaga kelembaban rambut. Hair protection juga bisa membantu Anda mendapatkan hasil catokan yang lebih halus dan bersinar. Pilihlah hair protection dengan kandungan alami untuk menghindari terlalu banyak bahan kimia yang terserap di rambut Anda.

3. Lakukan Perawatan Rambut Secara Rutin

Bahaya catok rambut juga bisa Anda hindari dengan melakukan perawatan rambut secara rutin. Perawatan rambut yang dimaksud adalah seperti rutin menggunakan sampo dan conditioner sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Selain itu jangan lupa juga untuk menggunakan vitamin dan masker rambut secara rutin.

4. Jangan Catok Rambut dalam Keadaan Basah

Beberapa pelurus rambut memiliki klaim dapat meluruskan sekaligus mengeringkan rambut. Tapi sebaiknya Anda menghindari hal yang satu ini. Sebelum catok rambut, pastikan rambut Anda dalam keadaan kering. Catok rambut dalam keadaan basah akan membuat proses catok rambut lebih lama sehingga rambut juga lebih lama terkena suhu tinggi.