Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ceradee atau yang dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama paria atau pare merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa pahit. Sayuran yang kerap dihindari oleh banyak orang ini ternyata justru mengandung beragam bahan aktif yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Tidak terkecuali dengan bagian kulit. Bahkan, mengonsumsi pare atau Cerasee diklaim akan menjadikan kulit tampak lebih sempurna dan semakin sehat.

Mengenal Cerasee yang Ampuh Menjaga Kesehatan Kulit

1. Mengatasi Jerawat

Dilansir dari laman Medical Herbs, cerasee atau pare ternyata dilengkapi dengan kandungan zat anti bakteri. Tidak heran jika cerasee atau pare kerap disarankan untuk Anda yang memiliki jenis kulit rentan berjerawat atau berminyak. Biasanya, pare atau cerasee digunakan untuk meredakan jenis jerawat cystic yang meradang dan berisi nanah.

Sebagai tambahan informasi, jerawat tipe cystic ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada kulit yang menyebabkan munculnya benjolan yang disertai dengan rasa gatal. Jika dibiarkan, jenis jerawat cystic biasanya menjadi penyebab bopeng pada kulit.

2. Merejuvenasi Kulit

Keuntungan lainnya dari mengonsumsi cerasee atau pare adalah mendapatkan kulit yang lebih bersih dan bercahaya. Hal ini disebabkan karena kandungan zat aktif pada pare mampu menstimulasi proses rejuvenasi kulit. Tidak heran jika sel-sel kulit yang sudah mati dan rusak akan segera diganti dengan sel kulit yang baru dan lebih sehat. Bekas-bekas jerawat atau noda hitam pun akan semakin memudar dan menjadikan kulit tampak lebih bersih.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Kulit

Tidak hanya buahnya saja yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit, bagian batang dan daun dari pare ternyata juga memiliki khasiat yang serupa. Bahkan bagian daun dan batang dari pare diklaim mampu mempercepat proses penyembuhan kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, rentan berjerawat dan sensitif yang kerap mengalami peradangan atau breakout. Biasanya, bagian daun atau batang dari pare akan ditumbuk hingga halus dan dibalurkan pada bagian kulit yang bermasalah selama beberapa kali.

Nah, siapa yang menyangka jika pare atau cerasee yang memiliki rasa pahit ini ternyata memiliki kandungan zat aktif yang sangat bermanfaat. Terutama dalam menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan bagian lain dari pare seperti batang ataupun daunnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi