Terbit: 22 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sepakat jika imunitas tubuh adalah suatu hal yang penting dan dapat mendukung kesehatan tubuh lebih optimal, ya. Imunitas tubuh memang merupakan hal vital yang dapat mencegah berbagai jenis penyakit.

3 Cara Mudah Tingkatkan Kekebalan Tubuh dari Makanan

Nah, agar imunitas tubuh kita tetap optimal, beberapa hal mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Ya, makanan dengan kandungan zat dan gizi tertentu mampu mendukung optimalisasi imunitas tubuh.

Hal ini bisa kita manfaatkan dengan memilih makanan-makanna tersebut sebagai bagian dari pola makan sehari-hari.

Lalu, makanan dan pola makan seperti apa saja sih yang bisa kita pilih untuk meningkatkan imunitas tubuh? Yuk sama-sama kita simak di bawah ini!

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

1. Mengonsumsi yoghurt saat sarapan

Jika Anda biasanya asal saja mengonsumsi yoghurt, maka kini cobalah untuk memerhatikan waktu saat mengonsumsinya.

Studi yang dilakukan di New Zealand menyebutkan bahwa konsumsi yoghurt secara rutin, utamanya pada awal hari, dapat mendukung asupan probiotik optimal yang mampu mendukung tubuh melawan infeksi lebih baik.

doktersehat-manfaat-yoghurt

Photo Credit: Flickr.com/Jaro Larnos

Konsumsi yoghurt secara rutin juga terbukti mampu mengurangi risiko terjadinya flu hingga 40% lebih rendah.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, usahakan Anda mengonsumsi yoghurt yang rendah lemak dan tanpa rasa. Hal ini akan mendukung asupan lemak lebih rendah dan konsumsi pemanis buatan dapat ditekan.

2. Konsumsi minuman rempah alami

Minuman rempah apa yang paling sering Anda konsumsi? Jika Anda biasanya hanya mengonsumsi minuman jahe saja, maka kini coba kombinasikan minuman rempah dengan membuat jahe, kunyit, lemon dan madu.

Dilansir dari Huffington Post, kombinasi rempah jahe, kunyit, lemon dan madu disebut kombinasi yang tepat untuk mendukung imunitas tubuh yang alami.

doktersehat-teh-rosemary-peppermint-daya-ingat-serai-jahe-masuk-angin-cedera-otot

Jahe memiliki fungsi untuk mengatasi gangguan pencernaan dan membuat tubuh merasa lebih hangat, kunyit baik untuk tubuh karena mengandung curcumin yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Sedangkan lemon dan madu, memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga efektif meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah tubuh mengalami flu hingga demam.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan Anda menggunakan bahan alami yang masih segar dan perlu diingat bahwa madu juga merupakan bahan makanan pengganti gula, sehingga pastikan penggunaan gula atau madu dalam sehari tidak lebih dari 5-6 sendok makan, ya.

3. Memperbanyak konsumsi bawang putih

Jika biasanya Anda hanya menggunakan bawang putih seperlunya dalam masakan, maka kini usahakan untuk mengutamakan penggunaan bawang putih sebagai bumbu, ya.

Hal ini akan sangat baik bagi tubuh karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan fitonutrien yang tinggi.

Bawang-putih-diet-doktersehat-1

Photo Credit: Flickr.com/ Dubravko Soric

Selain itu, bawang putih juga memiliki manfaat berupa antibakteri. Kombinasi kandungan zat dan gizi yang ada pada bawang putih ini akan mendukung imunitas tubuh lebih meningkat.

Antioksidan dan fungsi antibakteri yang tinggi pada bawang putih mampu mendukung tubuh melawan radikal bebas dan bakteri dalam tubuh yang berisiko menyebabkan penyakit flu, batuk dan demam.

Usahakan mengggunakna bawang putih tidak hanya dalam masakan, beberapa minuman seperti air madu dan bawang putih bisa Anda pilih untuk meningkatkan imunitas tubuh lebih optimal.

Nah, itu dia tiga cara alami meningkatkan imunitas tubuh dari konsumsi bahan makanan dan minuman yang tepat.

Tiga hal di atas cenderung mudah dilakukan karena bahan makanan yang dianjurkan adalah makanan yang banyak tersedia di pasaran.

Jadi, kira-kira cara nomor berapa yang akan Anda terapkan terlebih dahulu?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi