Pria, Begini Cara Menebalkan Kumis dan Jenggot

doktersehat cara tumbuhkan kumis

DokterSehat.Com – Bagi beberapa pria, kumis dan jenggot mungkin mengganggu penampilan mereka. Bahkan seminggu sekali mereka akan cukuran agar wajah kembali bersih dan tidak ada rambut. Namun, beberapa pria malah terobsesi dengan kumis dan juga jenggot sehingga mereka melakukan segala cara untuk menumbuhkannya.

Kumis dan jenggot yang tumbuh pada pria sebenarnya bukan untuk aksesori atau agar terlihat lebih macho saja. Namun, ada banyak manfaat dari rambut ini seperti mencegah terjadinya infeksi, jerawat, hingga menyaring udara yang kotor di sekitar hidung.

Kalau Anda terobsesi ingin menumbuhkan kumis dan jenggot, tapi tidak mau menggunakan obat kimia, berikut beberapa cara alami untuk menumbuhkannya.

  1. Minyak kemiri

Selama ini kemiri memang sering dijadikan bumbu masakan karena bisa memberikan efek kental secara alami. Namun, kandungan minyaknya yang kaya ternyata bermanfaat untuk kesehatan rambut. Beberapa orang tua sering menggunakan minyak ini untuk menumbuhkan rambut bayinya dan membuat warnanya semakin hitam.

Manfaat dari minyak kemiri yang banyak mengandung omega 3 ini juga bisa dimanfaatkan untuk kumis dan jenggot. Anda bisa mengoleskan minyak kemiri yang bisa dibeli di toko obat atau menyangrai kemiri langsung dan menghancurkannya untuk mendapatkan minyak yang alami.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun baik untuk kesehatan kulit sehingga sering digunakan sebagai bahan scrub atau lulur. Selain untuk kulit, minyak zaitun yang mengandung vitamin A dan E ini juga baik untuk kesehatan rambut di tubuh. Beberapa wanita menggunakannya untukĀ  masker setelah mandi di rambutnya lalu dibilas agar terlihat tebal.

Kandungan vitamin A pada minyak zaitun bisa merangsang pertumbuhan rambut sementara vitamin E bekerja untuk menjaganya. Dengan kemampuan ini pria bisa memanfaatkan minyak ini untuk merangsang kumis dan jenggot dengan cara mengoleskannya ke kulit lalu dibilas esok harinya.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa alami yang berwarna bening, bukan yang kuning karena itu minyak kelapa sawit, baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Kandungan proteinnya yang kaya bisa membuat rambut jadi lebih sehat dan akar rambut tumbuh dengan subur. Minyak kelapa juga merangsang rambut baru untuk tumbuh.

Oleskan minyak kelapa di sekitar bibir dan janggut setiap hari khususnya sebelum tidur. Anda juga bisa mengonsumsi minyak kelapa dengan meminumnya sebanyak 1-2 sendok setiap hari.

  1. Minyak wijen

Manfaat minyak wijen untuk rambut khususnya kumis adalah merangsang tumbuhnya folikel. Kalau folikel tumbuh, rambut bisa tumbuh dengan lebih mudah. Minyak wijen yang dioleskan di kulit juga mencegah sinar UV untuk menyerap dan menyebabkan kulit serta akar rambut rusak.

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh merangsang pertumbuhan akar rambut dan mencegah kerontokan. Mengoleskannya di sekitar kumis dan jenggot akan membuat rambut di area itu menjadi lebih tebal dan sehat dengan warna hitam.

Minyak pohon teh bisa dioleskan secara rutin setiap hari sebelum tidur atau saat sedang istirahat. Setelah meresap dan tidak terlihat basah di kulit bisa dibersihkan dengan air bersih.

  1. Meningkatkan testosteron

Tumbuhnya rambut di seluruh tubuh pria dipengaruhi oleh kadar hormon testosteron. Kalau kadar hormon ini menurun, kemungkinan rambut di kumis dan jenggot akan semakin kecil. Jaga kadar testosteron dengan terus menjaga kesehatan, menurunkan kadar lemak di dalam tubuh, dan berolahraga rutin setiap harinya.

Nah, inilah beberapa cara alami untuk menumbuhkan kumis dan jenggot secara alami. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan untuk menumbuhkan rambut di area wajah dengan mudah.