Terbit: 7 November 2017
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

DokterSehat.Com – Berikut adalah cara menurunkan berat badan lain yang harus Anda tahu, di antaranya:

Cara Sehat Turunkan Berat Badan (3)

  • Batas minuman beralkohol

Mengurangi konsumsi alkohol. Alkohol memiliki 7 kalori per gram, yang lebih besar dari karbohidrat (4 kalori/g) atau protein (4 kalori/g). Alkohol juga dapat melemahkan tekad Anda dan menyebabkan makan tanpa berpikir.

  • Minum teh hijau

Minum teh hijau. Beberapa studi telah menemukan bahwa teh hijau dapat meningkatkan metabolisme, mungkin melalui aksi phytochemical yang disebut catechin. Dalam kasus apapun, teh hijau (tanpa gula) adalah minuman sehat dan menyegarkan yang rendah kalori.

  • Latihan yoga

Sebuah studi dalam Journal of American Dietetic Association menunjukkan bahwa wanita yang melakukan yoga cenderung memiliki penurunan berat badan. Para peneliti percaya hal ini disebabkan tingkat kesadaran diri dan kesadaran yang berkembang di praktisi yoga. Mereka yang melakukan yoga mungkin lebih memperhatikan sinyal tubuh mereka, seperti makan cukup untuk merasa kenyang.

  • Makan makanan rumahan

Orang yang sukses menurunkan berat badan lebih sering makan di rumah. Cobalah untuk makan di rumah setidaknya lima kali per minggu. Ikan panggang atau ayam bakar, sayuran, salad, dan kacang adalah bahan makanan yang baik yang dapat membantu membuat makan lebih sedikit dengan proses memasak yang cukup mudah.

  • Perhatikan proses anda mengambil jeda makan

Cobalah untuk belajar mengenali ‘jeda makan’. Hal ini terjadi ketika Anda meletakkan sendok dan garpu selama beberapa menit ketika makan. Ketika ini terjadi, berhenti dan bersihkan piring Anda. Kebanyakan orang tidak menyadari sinyal ini, tetapi kondisi ini sebenarnya memberitahu Anda bahwa Anda sudah kenyang.

  • Kunyah permen karet tanpa gula

Memasak makan malam setelah bekerja, menghadiri pesta, menonton TV, atau bermain internet memiliki risiko berbahaya untuk ngemil tanpa berpikir. Kunyahlah permen karet tanpa gula dengan rasa yang kuat dapat membantu mengalahkan rasa makanan lain dan membuat makanan lain terasa hambar. Ini bisa menjadi strategi membantu untuk menghindari makan tanpa berpikir.

  • Gunakan piring kecil

Memilih piring yang lebih kecil. Penelitian menunjukkan bahwa orang mengkonsumsi lebih banyak makanan ketika mereka menggunakan piring yang lebih besar. Coba makan dengan piring kecil sehingga mampu menyimpan 100-200 kalori sehari. Hal ini berarti dapat menurunkan berat badan 4–10 kilogram per tahun!.

Cara Sehat Turunkan Berat Badan – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi