Terbit: 7 November 2017
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia


DokterSehat.Com – Perlu diketahui, bertambah atau berkurangnya berat badan seseorang tergantung pada asupan kalori yang masuk dan berapa banyak kalori yang digunakan untuk aktivitas tubuh. Berat badan tidak bertambah jika jumlah asupan kalori seimbang dengan kalori yang dipakai oleh tubuh.

Doktersehat-cara-menurunkan-berat-badan

Oleh karena itu, cara menurunkan berat badan yang utama adalah dengan mengonsumsi kalori lebih sedikit atau meningkatkan aktivitas fisik untuk membakar lebih banyak kalori. Berikut adalah cara menurunkan berat badan yang harus Anda tahu, di antaranya:

  • Pandanglah selalu pakaian ‘target’ Anda

Menggantung pakaian dengan ukuran yang lebih kecil dapat membantu Anda tetap fokus pada tujuan penurunan berat badan Anda. Realistislah dalam memilih ukuran pakaian yang lebih kecil.

Pilih pakaian yang dapat Anda gunakan hanya dalam waktu singkat setelah Anda menurunkan berat badan. Setelah Anda mencapai tujuan ini jangka pendek, pilih ‘tujuan’ pakaian berikutnya.

  • Katakan tidak untuk daging

Kurangi atau bahkan hindari makan daging. Daging dapat ditemukan dalam makan makanan seperti bakso, soto, dan sebagainya. Melewatkan dua potongan daging saat sarapan dapat menghemat sekitar 100 kalori.

Melakukan hal ini setiap hari dapat berarti menurunkan berat badan lebih dari 4 kilogram dalam satu tahun. Ada banyak bahan-bahan yang dapat menggantikan rasa daging tanpa lemak dan kalori. Tomat dan pisang adalah contohnya.

  • Membuat pizza sehat

Pizza tidak perlu menjadi ‘bencana’ untuk diet Anda. Ganti topping daging dengan sayuran dapat menghemat 100 kalori per makanan. Anda juga dapat memesan porsi yang lebih ringan dari keju atau keju rendah lemak. Pizza lapis tipis dan lapis gandum adalah pilihan pizza sehat lainnya.

Beragam buah dan sayur minimal 5 porsi sehari, atau secara ideal 7-9 porsi. Anda dapat menjadikannya sebagai camilan di antara waktu makan. Selain itu, makanan sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi seperti roti, nasi, sereal, kentang dan pasta sebanyak sepertiga dari porsi makan. Sumber karbohidrat terbaik adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh (whole grain).

  • Mengurangi minuman manis

Biasakanlah untuk tidak meminum soda. Gantilah dengan minur air putih atau soda nol kalori. Anda juga dapat menambahkan buah jeruk atau daun mint ke minuman Anda untuk menghilangkan rasa hambar.

Para peneliti telah menunjukkan bahwa gula cair dalam soda tidak dapat memberikan sinyal tubuh untuk kenyang serta mengganti sumber-sumber lain dari gula. Dalam satu studi, peserta makan senilai 450 kalori permen per hari atau minum soda 450 kalori.

Pemakan permen sadar untuk mengurangi asupan kalori secara keseluruhan, tapi peminum soda tidak. Para peminum soda memperoleh tambahan berat badan 11 kilogram selama penelitian empat minggu.

  • Minum dengan gelas yang tinggi kurus

Pilih gelas yang tinggi kurus daripada gelas yang pendek. Isyarat visual ini dapat ‘menipu’ Anda agar mengonsumsi 25-30% lebih sedikit dari minuman apa pun yang Anda minum. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang tidak sadar menuangkan kuantitas yang lebih besar ke dalam gelas yang pendek dan lebar daripada gelas yang tinggi.

  • Meningkatkan aktivitas fisik

Rutin olahraga menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan sebagai cara menurunkan berat badan. Adapun jenis olahraga dan waktu yang diperlukan untuk berolahraga tergantung dari usia dan kondisi fisik Anda.

Cara Sehat Turunkan Berat Badan – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi