Terbit: 22 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Daging, baik daging unggas, daging sapi, maupun daging kambing, tentu telah terkenal memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, ya.

4 Cara Mudah Memilih & Mengolah Daging Merah agar Bebas Lemak

Hal ini tentu saja wajar mengingat daging adalah bahan makanan sumber protein hewani yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi.

Lemak jenuh yang ada pada daging, utamanya jenis daging merah, misalnya daging kambing dan sapi, adalah jenis lemak yang jika dikonsumsi berlebihan dapat berbahaya untuk kesehatan tubuh, karena cenderung meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Akan tetapi, daging merupakan bahan makanan yang juga banyak mengandung zat gizi bermutu gizi tinggi, seperti vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, dan jenis mineral lainnya.

Untuk itu, salah satu cara paling jitu agar kita bisa mendapatkan manfaat konsumsi daging dengan maksimal, adalah dengan cara menghilangkan kandungan lemak yang ada pada daging.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Cara untuk menghilangkan kandungan lemak yang ada pada daging, bisa dilakukan sejak awal, yaitu saat pemilihan jenis bagian daging, hingga cara pengolahan sebelum daging akan di masak.

Berikut 4 cara memilih dan langkah awal mengolah daging agar kandungan lemaknya bisa berkurang:

1. Memilih bagian daging yang rendah lemak

daging-sapi-lemak-doktersehat

Photo Source: Flickr/dinesarasota

Langkah awal agar daging yang kita pilih bebas lemak, adalah dengan menentukan jenis daging berdasarkan bagiannya.

Untuk daging merah, bagian paha atas merupakan jenis bagian pada hewan yang kandungan lemaknya paling sedikit. Anda bisa mengutamakan memilih jenis daging pada bagian tersebut.

Hal ini juga bisa Anda lakukan dengan memilih daging yang berlabel –loin, misalnya saja, sirloin, tenderloin atau, top sirloin, yang secara umum memiliki kandungan lemak lebih sedikit daripada jenis daging lainnya.

2. Hilangkan bagian berlemak yang masih ada

doktersehat-daging-merah-gagal-ginjal-picu-obesitasSelain memilih bagian daging yang rendah lemak, Anda juga bisa menghilangkan kandungan lemak pada daging dengan cara membuang bagian berlemak yang cukup mudah terlihat ketika daging merah masih mentah.

Bagian garis atau serat putih, atau lemak padat mirip gajih, yang ada pada daging ketika masih mentah, sebaiknya Anda buang.

Caranya adalah dengan memotong atau mengiris bagian garis atau serat putih tersebut sebelum mengolah atau memasak daging.

3. Meniriskan daging setelah pengolahan awal

Setelah itu, cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kandungan lemak pada daging telah hilang, adalah dengan cara menrisikan daging setelah melalui satu metode pemasakan.

Hal ini bertujuan agar kandungan lemak, baik saat metode masak goring, maupun rebus, bisa hilang sempurna.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakkan daging pada alat untuk meniriskan atau meletakkan daging di atas kain atau tisu yang dapat menyerap lemak.

4. Mendinginkan daging

Cara terakhir yang patut dilakukan agar daging benar-benar bebas lemak adalah dengan mendinginkan daging setelah mengolah atau memasaknya.

Hal ini cukup efektif menghilangkan lemak pada daging, karena daging yang telah dingin sempurna akan membuat lemak pada daging menjadi mengeras sehingga mudah dibuang.

Saat mendinginkan daging, perhatikan untuk menyimpan daging pada suhu penyimpanan makanan yang bebas bakteri, ya.

Nah, itu dia 4 cara mudah agar daging yang akan kita konsumsi bisa memiliki kandungan lemak yang lebih rendah.

Dengan melakukan hal-hal di atas, Anda tentu bisa merasakan manfaat zat dan gizi pada daging dengan lebih optimal serta menekan dampak negatif dari kandungan lemak yang ada pada daging. Selain itu, cara-cara di atas tentu cukup mudah untuk dilakukan, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi