Terbit: 18 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagaimana cara Anda memilih minyak goreng yang akan Anda gunakan biasanya? Jika biasanya Anda belum begitu banyak memerhatikan, maka kini Anda bisa mulai mencoba memilih minyak goreng yang lebih sehat dengan cara yang cukup mudah, lho.

Penting, Begini Cara Mudah Pilih Minyak Goreng Sehat

Sebagian besar minyak goreng yang umum digunakan di Indonesia adalah minyak dari kelapa sawit ya.

Minyak kelapa sawit merupakan salah satu minyak nabati yang cukup baik digunakan karena memiliki kandungan lemak jenuh yang akan mendukung terbentuknya kolesterol baik dalam tubuh.

Agar manfaatnya maksimal maka selain membatasi porsi konsumsi minyak goreng, kita bisa mengoptimalkan dengan memilih jenis minyak yang lebih sehat, yaitu dengan:

1. Memilih minyak yang tidak terlalu kental

Pakar kesehatan gizi, Tirta Prawita menyebutkan minyak yang encer cenderung tidak mudah menempel pada makanan. Sehingga makanan tidak akan menyerap banyak minyak. Hal ini tentu sangat baik untuk kesehatan karena asupan minyak jadi terbatasi.

Untuk bisa mengetahui hal ini, Anda bisa melakukan perbandingan kekentalan antara minyak satu dan minyak lainnya.

2. Pilih minyak yang tidak mudah beku atau menggumpal

Anda tentu sering melihat ada beberapa jenis minyak yang mudah beku jika didiamkan atau mendapatkan paparan suhu yang kurang tepat?

Prawita menyebutkan bahwa minyak yang mudah beku mempunyai kandungan lemak jenuh yang rendah. Padahal dengan menggunakan minyak nabati salah satu manfaat yang ingin kita rasakan adalah kandungan lemak jenuhnya yang cukup baik, ‘kan?

3. Minyak tidak memiliki rasa atau tawar

Minyak yang memiliki rasa tertentu, misalnya tambahan rasa gurih khas makanan tertentu, bukanlah pilihan minyak yang sehat. Minyak yang sehat adalah minyak yang memiliki rasa tawar atau seperti air di lidah.

Kini gunakan tiga cara di atas untuk memilih minyak yang sehat, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi