Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagaimana cara Anda mengonsumsi buah biasanya? Ada berbagai cara mengolah buah dan sayur ya. Hal ini memang boleh-boleh saja dilakukan, namun manakah cara paling sehat untuk mengolah buah dan sayur?

Cara Paling Sehat Mengolah Buah dan Sayur Agar Manfaatnnya Maksimal

Seperti yang kita ketahui, buah dan sayur adalah bahan makanan yang memiliki banyak kandungan gizi, yaitu vitamin, mineral, serat, gula alami buah dan fitonutrien. Hal ini yang membuat buah dan sayur seakan menjadi simbol makanan sehat. Akan tetapi, kandungan gizi buah dan sayur ternyata sangat mudah hilang,utamanya jika pengolahannya tidak tepat lho.

Untuk itu penting bagi kita mengetahui bagaimana sih cara mengolah buah dan sayur agar manfaat dan kandungan gizinya tetap maksimal. Beberapa pengolahan buah dan sayur yang kerap dilakukan memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan, diantaranya adalah:

1. Jus mudah dikonsumsi namun kandungan serat dan vitamin banyak yang terbuang

Sebagian besar orang memilih mengolah buah dan sayur sebagai minuman, utamanya jika memang kesulitan mengonsumsi buah dan sayur secara langsung.

Namun, meskipun jus menjadi olahan buah dan sayur yang paling mudah kita konsumsi, ternyata kandungan gizi buah dan sayur justru paling rentan rusak jika di jus, utamanya jika menggunakan juicer.

Hal ini disebabkan sebagian besar juicer kerap menyaring serat kasar yang ada pada buah atau sayur. Membuat minuman buah atau sayur tentu boleh dilakukan, namun buatlah smoothies atau jus menggunakan blender ya.

2. Olahan buah dan sayur yang menggunakan cairan, rasa yang khas namun vitamin larut air hilang

Ya, seperti yang kita ketahui bahwa vitamin larut air mudah hilang dengan berbagai metode pengolahan buah dan sayur, misalnya pengacaran buah dan sayur, asinan, atau membuat infuse water. Untuk itu kita dianjurkan tetap mengonsumsi cairan saat mengolah buah dan sayur dengan cairan ya.

3. Konsumsi buah segar secara langsung paling baik

Pakar kesehatan dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa pengolahan paling tepat untuk buah dan sayur adalah dengan hanya mencucinya dengan bersih dan langsung mengonsumsinya. Hal ini sangat baik dan kandungan gizinya maksimal. Namun pastikan, buah dan sayur sudah benar-benar masak ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi