Terbit: 9 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Asam urat adalah penyakit yang bisa memicu rasa nyeri yang luar biasa bagi penderitanya. Penyebab dari masalah kesehatan ini adalah menumpuknya kadar asam urat dalam tubuh, khususnya pada persendian seperti siku, lutut, pergelangan kaki, dan jari.

Tak Harus Minum Obat, Begini Cara Obati Asam Urat dengan Alami

Penyebab dari masalah asam urat ini seringkali adalah karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi dengan kandungan purin seperti daging merah, jeroan, makanan laut, hingga beberapa jenis sayuran seperti bayam atau kembang kol. Karena alasan inilah penderita asam urat harus memperbaiki pola makannya setiap hari dan mulai menurunkan frekuensi mengonsumsi makanan yang tinggi purin.

Biasanya, makanan yang kaya akan kandungan purin juga kaya akan kandungan protein. Agar tetap bisa mendapatkan asupan protein tanpa khawatir kadar asam urat akan meningkat, kita bisa mengonsumsi ikan seperti salmon dan tuna yang aman bagi kondisi asam urat. Selain itu, ada baiknya kita juga memilih makanan dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, buah-buahan, sayuran seperti bit, mentimun, dan daun selada, serta produk susu dengan kadar lemak yang rendah.

Penderita asam urat juga sebaiknya menghindari makanan dan minuman manis seperti minuman yang ditambahi gula, jus kemasan, dan minuman bersoda. Minuman beralkohol juga sebaiknya dihindari karena kebanyakan minuman beralkohol juga kaya akan kandungan purin.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mencegah gejala asam urat adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Pastikan untuk mengonsumsinya hingga 8-10 gelas per hari demi menghindari penumpukan asam urat dengan berlebihan. Selain itu, ada baiknya kita juga memastikan untuk menjaga berat badan tetap ideal karena kelebihan berat badan bisa memberikan dampak buruk bagi masalah asam urat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Hanya saja, jika kita melakukan olahraga demi mengatasi masalah asam urat, pastikan untuk tidak melakukan olahraga berat karena bisa menyebabkan rasa nyeri akibat asam urat menjadi semakin parah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi