Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Terlalu lama berada di bawah sinar matahari terkadang bisa membuat kulit menjadi kemerahan. Itu artinya, kulit Anda mulai terbakar matahari. Kulit yang terbakar matahari bisa terasa sangat menyakitkan. Seperti yang dilansir dari Health Line ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi luka bakar ringan akibat paparan matahari yang terlalu lama.

Cara Mudah Meredakan Kulit Luka Bakar Ringan Akibat Paparan Matahari

1. Gunakan Air Dingin

Untuk luka bakar ringan, cara meredakannya cukup dengan menggunakan air dingin. Basuh kulit Anda, apabila perlu kompres menggunakan kain dan air dingin. Lakukan sampai kulit tidak lagi terasa perih luar biasa.

2. Manfaatkan Lidah Buaya

Lidah buaya, menurut penelitian, cukup efektif untuk meredakan sakit pada kulit terbakar, terutama tingkat keparahan ringan dan sedang. Lidah buaya bersifat anti-inflamasi, ia bisa meningkatkan sirkulasi pada darah serta menghambat tumbuhnya bakteri. Cara pakainya cukup dengan mengoleskan krim lidah buaya ke bagian kulit yang terluka. Diamkan dan biarkan krim tersebut bekerja.

3. Gunakan Madu

Madu bisa menolong meredakan sakit sebab kulit terbakar pada tingkat keparahan ringan. Madu sama seperti lidah buaya, mengandung anti-inflamasi serta memilki sifat alami sebagai antibakteri dan antijamur.

4. Mentimun

Mentimun memiliki sifat antioksidan dan analgesik alami. Anda hanya perlu mendinginkan mentimun dan kemudian blender hingga menjadi pasta. Selanjutnya, oleskan pada area yang mengalami luka bakar ringan untuk menenangkan kulit yang kemerahan akibat terbakar matahari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

5. Minum Banyak Air

Minumlah banyak air, untuk menggantikan cairan tubuh. Kulit Anda kering dan mengalami dehidrasi setelah terpapar matahari cukup lama. Menggantikan cairan tubuh yang hilang akan membantu kulit Anda sembuh dari luka bakar dengan cepat.

Meredakan rasa perih akibat kulit terbakar ringan, bisa dilakukan di rumah. Obat yang dibutuhkan meredakannya juga mudah didapat. Hanya saja jika luka bakar mengalami infeksi atau termasuk luka bakar yang parah, segera hubungi dokter untuk ditindak lebih lanjut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi