10 Cara Mudah Mengatasi Anxiety yang Sering Kambuh

mengatasi-anxiety-doktersehat

DokterSehat.Com – Kalau Anda sering merasa tidak nyaman seperti sangat stres, ketakutan, detak jantung meningkat, dan mulai sesak napas, bisa jadi sedang mengalami anxiety. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Kalau Anxiety muncul di rumah mungkin Anda bisa dengan mudah mengatasinya. Namun, kalau muncul di tempat kerja atau di jalanan?

Cara mengatasi anxiety dengan mudah

Mengatasi anxiety sebenarnya tidak mudah kalau Anda belum terbiasa. Namun, kalau sudah terbiasa, beberapa menit saja perasaan tidak nyaman itu akan hilang begitu saja. Kalau Anda termasuk sering mengalami anxiety, simak beberapa cara di bawah ini.

  1. Bernapaslah dengan benar

Salah satu cara atau teknik paling mudah untuk mengatasi anxiety adalah mengatur napas. Saat anxiety muncul biasanya kita sering sesak napas. Akhirnya pilihan mengambil napas panjang dan sangat kuat dilakukan. Sayangnya napas yang terlalu kuat dan cepat justru berpotensi memicu hiperventilasi.

Cara terbaik untuk mengatur napas adalah dengan menarik dan mengembuskan napas perlahan-lahan. Nikmati setiap tarikan dan embusan yang terjadi. Sebisa mungkin waktu untuk menarik dan mengembuskan udara sama. Lakukan 10-15 menit hingga tubuh terasa lebih nyaman.

  1. Gunakan aromaterapi yang menenangkan

Mungkin terlihat sangat sepele, tapi aneka aromaterapi yang sangat menyegarkan bisa mengatasi anxiety yang dialami. Kalau Anda terbiasa mengalami anxiety, selalu bawa apa saja yang bisa mengeluarkan aroma yang nyaman. Bisa dalam bentuk minyak esensial atau lilin.

Aroma yang tenang dan menyegarkan bisa membuat otak terpengaruh. Akhirnya reseptor yang menyebabkan anxiety bisa segera diatasi. Cara ini cukup ampuh sehingga Anda wajib memiliki lilin, minyak, atau mungkin pewangi ruangan dengan aroma menenangkan seperti lavender.

  1. Menantang rasa takut

Anxiety sering muncul begitu saja dan membawa rasa takut yang sebenarnya bisa dilawan. Sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melawan rasa takut itu dan membuat dirinya jadi semakin terperosok ikut masuk dalam kondisi stres.

Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut yang berlebih adalah melawannya. Anda harus tahu kalau rasa takut yang muncul tidak akan jadi kenyataan. Jadi, lawan saja dan buat semacam alasan untuk melakukan counter attack.

  1. Lakukan relaksasi

Terkadang anxiety muncul karena kita tidak bisa santai. Padahal dengan sedikit bersantai saja, Anda bisa mengontrol diri sendiri dengan baik. Lakukan relaksasi dengan perlahan-lahan. Cari ruangan yang tenang lalu duduk atau rebahan dan memejamkan mata.

Putarlah musik yang bisa membuat Anda jadi lebih nyaman. Kalau Anda susah mendapatkan ruangan yang nyaman bisa keluar untuk jalan santai selama 15 menit. Buat tubuh jadi lebih relaks dan berkeringat agar pikiran yang mengganggu segera hilang.

  1. Menulis apa saja yang dirasakan

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk bisa bertarung dengan rasa takutnya. Ada yang melakukan perlawanan dan ada yang menuliskan semua ketakutannya pada kertas atau diketik. Dengan menuliskan apa saja yang ditakuti, Anda akan merasa lebih tenang karena seperti melakukan curhat dengan orang lain.

Setelah Anda merasa baikan, segera baikan atau beberapa hari kemudian, bacalah kembali apa yang sudah ditulis. Dari sana, Anda akan tahu bagaimana cara mengatasi masalah yang sedang dihadapi dengan pikiran jernih.

  1. Mengetahui penyebab dan cara mengatasinya

Menyambung poin sebelumnya, Anda akan tahu apa saja yang menyebabkan anxiety muncul dan meruntuhkan kontrol yang dimiliki. Kalau Anda terbiasa menuliskan apa saja yang ditakuti, kemungkinan untuk menghindari atau mengatasi rasa takutnya bisa berjalan dengan lancar.

  1. Melakukan meditasi secara rutin setiap hari

Selain melakukan relaksasi atau berjalan santai untuk membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan tenang, Anda juga bisa melakukan meditasi. Cara ini digunakan untuk mengatasi anxiety jangka panjang. Artinya Anda bisa melakukan ini setiap hari untuk digunakan sebagai tindakan pencegahan.

Lakukan meditasi selama 10-15 menit sehari agar nyaman. Gunakan teknik meditasi yang Anda tahu agar pikiran selalu jernih dan tenang.

  1. Menambahkan makanan tertentu dalam diet

Beberapa jenis makanan bisa dengan mudah mengatasi atau mencegah munculnya anxiety. Beberapa jenis herba akan membuat tubuh jadi lebih tenang dan jarang sekali mengalami stres yang berlebihan. Minuman seperti teh hijau atau cokelat bisa membuat Anda jadi lebih nyaman.

Kalau Anda bisa mengubah pola makan harian jadi lebih sehat akan lebih baik. Misal mengonsumsi lebih banyak buah, sayur, dan menghindari lemak berlebihan dan gula.

  1. Menjaga kesehatan fisik dan mental

Menjaga kesehatan fisik dan mental akan membuat anxiety susah sekali muncul. Kalau tubuh Anda sangat sehat dan jarang sekali sakit, pikiran buruk tidak akan muncul. Walaupun muncul, Anda bisa dengan mudah mengatasinya karena memiliki banyak energi.

Lakukan olahraga secara rutin setiap hari. Tidak perlu yang terlalu intens. Lakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh. Misal jalan kaki atau jogging ringan.

  1. Menggunakan obat dari dokter

Kalau Anda sering kambuh dan sulit untuk mengontrol diri, penggunaan obat dari dokter memang harus dilakukan. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter dan meminta obat yang bisa diminum kalau anxiety kambuh. Jangan asal minum obat kalau tidak diresepkan karena bisa membuat Anda mengalami gangguan lain yang bisa saja berbahaya.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, Anda bisa dengan mudah mengatasi anxiety yang sering muncul di saat tidak tepat. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan untuk mengontrol diri sendiri atau membantu orang lain yang kemungkinan besar mengalami hal serupa.