Terbit: 30 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika kita membahas tentang diabetes, maka hal pertama yang akan kita pikirkan adalah gaya hidup sehat yang bisa membuat penderitanya tak lagi menikmati kehidupan. Hal yang sama berlaku pada pencegahannya. Jika kita tidak ingin terkena diabetes, kita harus menghindari makanan dan minuman yang enak. Hal ini tentu akan sangat berat untuk dilakukan, bukan? Padahal, menurut pakar kesehatan, ada cara mudah yang bisa kita lakukan jika ingin mencegah diabetes.

Cara Mudah Mencegah Diabetes

Konsisten menjalani gaya hidup adalah kunci utama mencegah diabetes

Pakar kesehatan menyebut gaya hidup sehat bukanlah tentang menghindari berbagai hal yang enak atau nikmat. Ada banyak cara mudah yang bisa kita lakukan demi mencegah datangnya penyakit ini tanpa perlu kehilangan nikmatnya berbagai hal di dunia ini.

Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan tersebut.

  1. Kuncinya ada di porsi makanan

Jika memang kita tidak dalam kondisi pre-diabetes, kondisi yang membuat kadar gula darah sudah sangat tinggi namun belum bisa dianggap sebagai kondisi diabetes, maka kita masih bisa mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang enak dan lezat. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut kita harus memperhatikan porsi atau frekuensi memakannya.

Sebagai contoh, jika kita suka ngemil yang manis-manis layaknya kue, biskuit, atau permen, kita bisa mulai membatasi porsinya. Hal ini berarti, kita masih bisa menikmati makanan enak tersebut meskipun jumlahnya tidak banyak. Kita juga bisa menggantinya dengan camilan yang lebih sehat dan tak kalah nikmat seperti buah-buahan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Meskipun begitu, kita memang sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi makanan manis atau minuman yang diberi tambahan gula.

  1. Rutin berolahraga

Banyak orang malas berolahraga karena berpikir jika hal ini melelahkan untuk dilakukan. Padahal, biasanya anggapan ini muncul karena belum mencobanya saja. Meski membuat tubuh menjadi lelah dan pegal, berolahraga bisa memberikan sensasi segar, bugar, dan bahkan menghilangkan stres. Karena alasan inilah mereka yang sudah mulai berolahraga biasanya semakin ketagihan untuk rutin melakukannya.

Pakar kesehatan menyebut olahraga sebagai salah satu cara paling efektif mencegah diabetes. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan berolahraga sekitar 150 menit saja dalam seminggu, maka risiko untuk terkena diabetes bisa ditekan hingga 26 persen.

  1. Tidur cukup

Begadang bukanlah hal yang enak untuk dilakukan karena di siang hari kita akan merasa badan menjadi tidak karuan. Alih-alih begadang demi melakukan hal yang kurang bermanfaat, tidurlah cukup setiap malam demi menjaga kesehatan sekaligus mencegah diabetes. Hal ini disebabkan oleh terjaganya keseimbangan hormon, termasuk hormon insulin yang terkait erat dengan risiko penyakit ini.

  1. Memakai minyak sehat

Alih-alih memakai minyak kelapa sawit untuk menggoreng makanan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggantinya dengan minyak zaitun, minyak biji matahari, atau minyak-minyak lain yang lebih sehat demi mencegah datangnya diabetes dan penyakit kardiovaskular.

  1. Atasi stres dengan lebih baik

Lakukan hal-hal yang menyenangkan dan menenangkan pikiran seperti berlibur ke lokasi yang indah, menikmati pemandangan alam, atau melakukan yoga dan meditasi demi mengatasi stres. Tak hanya baik bagi kesehatan mental, hal ini juga bisa membuat risiko diabetes menurun dengan signifikan, lho.

  1. Jangan berlebihan menonton televisi

Akui saja, acara televisi lokal di Indonesia cenderung semakin kurang menarik bukan? Cobalah cek kembali acara-acara televisi mana yang dianggap paling menghibur atau yang layak untuk kita tonton. Dengan lebih selektif memilih acara televisi, maka kita pun akan menurunkan kebiasaan duduk atau tidak bergerak terlalu lama sambil menikmati siaran televisi. Hal ini akan berimbas positif pada menurunnya risiko diabetes dengan signifikan.

Sebenarnya, tidak sulit bukan jika kita ingin mencegah diabetes. Lantas, kapan kita berusaha untuk memulainya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi