Terbit: 5 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering terjadi. Sembelit biasanya ditandai dengan tinja yang terlalu kering, terlalu sedikit, atau menimbulkan rasa sakit ketika dikeluarkan. Ada banyak penyebab sembelit mulai dari pola makan yang buruk, kehamilan, pengaruh obat-obatan, faktor psikologis atau menderita penyakit tertentu seperti diabetes atau iritasi usus besar.

Cara Mudah Atasi Sembelit

Beberapa kasus sembelit ringan dapat diatasi dengan cara alami tanpa menggunakan obat. Jika Anda mengalami sembelit, beberapa cara yang bisa Anda coba antara lain:

Perbanyak minum air putih
Sembelit dapat disebabkan oleh tinja yang kurang mendapat air ketika masuk ke usus besar. Dengan memperbanyak minum air putih, Anda dapat mengatasi masalah ini. Minumlah air putih 8 gelas per hari atau sesuai kebutuhan Anda.

Perbanyak serat
Konsumsi serat dapat membuat tinja menjadi lebih lunak dan bergerak lebih cepat di dalam usus. Serat yang baik bisa Anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran, gandum utuh, dan sereal. Serat jenis ini lebih padat sehingga memudahkan usus untuk menggerakkannya. Namun jika Anda memiliki penyakit yang menghambat pergerakan usus seperti radang usus, sebaiknya Anda membatasi konsumsi serat per harinya.

Minum yoghurt
Kondisi sembelit seringkali menyebabkan bakteri dalam usus tidak seimbang. Bakteri usus ini diperlukan untuk produksi asam lemak dan asam laktat untuk memudahkan usus menggerakkan makanan yang sudah dicerna. Tambahkan minuman yoghurt atau minuman dengan bakteri baik dalam minuman Anda sehari-hari untuk melancarkan sembelit.

Olahraga
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa beraktivitas fisik dapat mengurangi dampak sembelit meskipun tidak meningkatkan frekuensi buang air. Olahraga yang dapat Anda lakukan antara lain jalan kaki atau senam ringan, asal dilakukan dengan rutin.

Jika cara di atas sudah Anda lakukan namun masih mengalami sembelit, Anda dapat menggunakan obat sembelit yang dijual di pasaran. Jika obat-obatan tersebut masih belum dapat mengatasi sembelit, sebaiknya segara hubungi dokter.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi