Terbit: 15 November 2017 | Diperbarui: 21 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia


Minum persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Jangan mengkonsumsi dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Ikuti petunjuk pada label resep Anda.

tamsulosin-doktersehat

Dokter mungkin sesekali mengubah dosis Anda untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik.

Tamsulosin biasanya diminum sekali sehari, kira-kira 30 menit setelah makan. Cobalah untuk minum obat ini pada waktu yang sama setiap hari.

Jangan menghancurkan, mengunyah, atau membuka kapsul tamsulosin. Telan seluruhnya dengan utuh.

Tamsulosin menurunkan tekanan darah dan dapat menyebabkan pusing atau pingsan, terutama ketika Anda pertama kali mulai memakainya, atau saat Anda mulai memakainya lagi. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami pusing parah atau merasa seperti Anda mungkin pingsan.

Anda mungkin merasa sangat pusing saat pertama kali bangun tidur. Hati-hati saat berdiri atau duduk dari posisi berbaring.

Jika Anda berhenti minum tamsulosin dengan alasan apapun, hubungi dokter Anda sebelum Anda meminumnya lagi. Anda mungkin memerlukan penyesuaian dosis.

Tekanan darah dan prostat Anda perlu sering diperiksa. Kunjungi dokter Anda secara teratur.

Beberapa hal bisa menyebabkan tekanan darah Anda terlalu rendah. Hal-hal yang menyebabkan tekanan darah rendah meliputi: muntah, diare, berkeringat berat, penyakit jantung, dialisis, diet rendah garam, atau minum diuretik (pil air). Beritahu dokter Anda jika Anda memiliki penyakit yang berkepanjangan yang menyebabkan diare atau muntah.

Simpan pada suhu kamar dan hindari kelembaban dan panas.

Tamsulosin – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi