Terbit: 6 November 2017
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Cara minum nadolol adalah ambil persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Jangan mengambil dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Ikuti petunjuk pada label resep Anda.

Nadolol – Cara Minum, Interaksi, dan Overdosis

Dokter mungkin sesekali mengubah dosis Anda untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik.

Tekanan darah Anda perlu segera diperiksa, dan Anda mungkin memerlukan pemeriksaan lab darah lain. Kunjungi dokter Anda secara teratur.

Jangan melewatkan dosis atau berhenti minum nadolol tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda. Menghentikan obat tiba-tiba bisa membuat kondisi Anda semakin buruk.

Jika Anda memerlukan pembedahan, beritahu dokter bedah sebelumnya bahwa Anda menggunakan nadolol. Anda mungkin perlu berhenti menggunakan obat ini dalam waktu singkat.

Mengkonsumsi nadolol bisa membuat lebih sulit bagi Anda untuk mengatakan kapan gula darah Anda rendah. Jika Anda menderita diabetes, periksa gula darah Anda secara teratur.

Obat ini bisa menyebabkan hasil yang salah dengan pemeriksaan laboratorium urin tertentu. Beritahu dokter yang merawat Anda bahwa Anda menggunakan nadolol.

Terus gunakan obat ini sesuai petunjuk, biarpun Anda merasa sehat. Tekanan darah tinggi seringkali tidak memiliki gejala. Anda mungkin perlu menggunakan obat tekanan darah selama sisa hidup Anda.

Nadolol hanya merupakan bagian dari program pengobatan hipertensi lengkap yang mungkin mencakup diet, olahraga, dan pengendalian berat badan. Ikuti diet, pengobatan, dan rutinitas olahraga Anda dengan sangat ketat jika Anda dirawat karena hipertensi.

Simpan nadolol pada suhu kamar dan hindari dari kelembaban, panas, dan cahaya.

Apa yang terjadi jika saya melewatkan satu dosis (Corgard)?
Ambillah dosis yang terlewat begitu Anda ingat. Lewati dosis yang terlewat jika dosis berikutnya kurang dari 8 jam lagi. Jangan minum obat tambahan untuk mengganti dosis yang tidak terjawab.

Apa yang terjadi jika saya overdosis (Corgard)?
Carilah bantuan medis darurat atau hubungi garis bantuan keracunan segera di nomor (021) 4250767 atau (021) 4227875.

Gejala overdosis mungkin termasuk denyut jantung lambat, pusing atau pingsan yang ekstrem.

Apa yang harus saya hindari saat mengkonsumsi nadolol (Corgard)?
Nadolol dapat mengganggu pemikiran atau reaksi Anda. Hati-hati jika Anda menyetir atau melakukan apapun yang mengharuskan Anda untuk waspada.

Minum alkohol dapat menurunkan tekanan darah Anda dan dapat meningkatkan efek samping tertentu  dari nadolol.

Apa obat lain yang akan mempengaruhi nadolol (Corgard)?
Beritahu dokter Anda tentang semua obat lain yang Anda gunakan, terutama:

  • Digoxin (digitalis dan lanoxin)
  • Diuretik (pil air)
  • Insulin atau obat diabetes oral
  • Reserpin

Daftar ini tidak lengkap dan obat lain bisa berinteraksi dengan nadolol. Beritahu dokter tentang semua obat yang Anda gunakan. Ini termasuk termasuk obat yang diresepkan, obat yang bebas dibeli di apotek, vitamin, dan produk herbal. Jangan memulai pengobatan baru tanpa memberi tahu dokter Anda.

Dimana saya bisa mendapatkan lebih banyak informasi?
Apoteker Anda dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang nadolol.

Nadolol (Corgard) :   1   2   3

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi