Pengobatan Alami untuk Meredakan Sakit Pinggang Bawah

pengobatan-alami-nyeri-tulang-belakang-doktersehat

DokterSehat.Com – Masalah tulang belakang khususnya yang ada di punggung atau pinggang bagian bawah memang kerap mengganggu aktivitas dan pasti akan susah melakukan banyak hal. Berbaring dengan posisi yang salah pun bisa membuat nyeri semakin terasa intens. Bagaimana cara meredakan sakit pinggang?

Cara Meredakan Sakit Pinggang yang Efektif

Nyeri tulang belakang dan area di sekitarnya bisa terjadi karena ada osteoporosis. Selain itu, gangguan pada organ dalam seperti ginjal, vagina, dan kandung kemih juga bisa menyebabkan rasa sakit terasa lebih besar. Kalau Anda sering mengalami nyeri di pinggang bawah, coba lakukan beberapa metode penyembuhan alami di bawah ini.

  1. Merangsang keluarnya endorfin di dalam tubuh

Rasa sakit di tubuh bisa sedikit diturunkan kalau seseorang bisa merangsang keluarnya endorfin dalam jumlah banyak. Endorfin adalah hormon yang bekerja untuk meredakan rasa sakit di tubuh. Hormon ini biasanya muncul melalui latihan fisik intens atau latihan intensitas rendah.

Anda bisa  menurunkan rasa sakit di pinggang dengan melakukan olahraga aerobik seperti renang. Selanjutnya terapi pijat dan meditasi yang rutin juga bisa memicu munculnya endorfin dan menurunkan rasa sakit yang sangat intens.

  1. Melatih bagian tengah tubuh (core)

Cara lain untuk mengatasi rasa sakit di pinggang adalah melatih otot core atau otot tengah. Otot itu terdiri dari otot perut dan pinggang. Latihan core ini bisa dilakukan dengan leg raise, sit-up, atau melakukan plank. Latihan ini bisa dilakukan setiap hari atau dua hari sekali. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh agar sesuai dengan kebutuhan.

  1. Menggunakan kompres hangat atau dingin

Kompres dengan air hangat atau dingin ternyata juga bisa menjadi cara meredakan sakit pinggang dan terbukti akan sembuh perlahan-lahan. Beberapa orang sering mengabaikannya dan memilih mengonsumsi obat kimia yang sebenarnya cukup berbahaya untuk jangka panjang dan tanpa resep dokter.

Kompres dengan air dingin atau es ternyata bermanfaat untuk mengurangi inflamasi pada pinggang yang sakit. Selain itu, rasa hangat juga bekerja seperti bius lokal yang meredakan sakit. Sebakinya kompres dengan air hangat bermanfaat untuk mengembalikan aliran darah yang terhambat dan mempermudah penyaluran nutrisi. Sistem saraf di sini juga akan kembali seperti semula.

  1. Melakukan peregangan pada dua kali sehari

Sakit di pinggang bagian bawah tidak hanya disebabkan oleh masalah tulang saja. Terkadang postur tubuh setiap berjalan dan duduk juga bisa menyebabkannya. Cara terbaik untuk mengatasi dan mencegah kondisi ini adalah dengan melakukan peregangan hamsting atau paha bawah, bokong, dan sambungannya ke pinggang.

Latihan ini dilakukan untuk mengatasi gangguan aliran darah dan kaki di persendian. Anda bisa melakukannya dengan mengambil posisi tidur lalu kaki diangkat dan disandarkan pada kursi atau sofa. Lakukan gerakan menekuk kaki lalu meluruskannya selama beberapa set. Ganti kaki yang lain agar sama-sama mendapatkan peregangan.

  1. Mengonsumsi makanan tertentu

Cara meredakan sakit pinggang tidak bisa dilakukan dengan hanya menggunakan perawatan luar atau memperbaiki postur tubuh saja. Pengobatan dari dalam juga harus dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan herbal tertentu seperti daun basil dan bawang putih. Dua bahan ini akan mencegah inflamasi sehingga nyeri bisa sedikit mereda.

Selanjutnya, mereka yang sering menderita sakit pinggang bawah juga mengonsumsi nanas secara langsung atau dibuat menjadi jus. Nanas mengandung zat bernama bromealin yang bermanfaat sebagai penurun nyeri dan juga anti peradangan.

Itulah beberapa pengobatan alami yang bisa digunakan sebagai cara meredakan sakit pinggang bawah. Semoga bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan nyeri yang sering mengganggu.