Perawatan Wajah Apa Saja yang Dibutuhkan oleh Pria?

perawatan-wajah-pria-doktersehat

DokterSehat.Com – Selama ini pria selalu tidak acuh dengan kondisi kesehatan wajahnya. Bagi kau madam, asal wajah tidak memiliki noda, tidak berjerawat, dan rajin dicuci dengan air bersih tidak akan memberikan efek apa-apa. Padahal, kesehatan kulit pria juga cukup kompleks dan tidak bisa disepelekan meski lebih tebal dari kulit wanita.

Nah, kalau Anda termasuk pria yang sering tidak acuh dengan kondisi kesehatan wajah, sebaiknya tobat saat ini juga. Menjaga wajah bukan hanya masalah estetika saja. Kulit yang sehat juga bisa menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Oleh karena itu, simak beberapa perawatan wajah yang dibutuhkan pria di bawah ini.

  1. Menjaga kelembapan

Salah satu masalah kulit pria yang paling sering muncul adalah kelembapannya yang menurun. Kalau tidak menurun, wajah jadi berminyak karena sering berkeringat. Dua hal ini sering terjadi dan menyebabkan wajah jadi mudah berjerawat dan terlihat kusam kasam kalau tidak segera dibersihkan dengan berkala.

Jaga kelembapan kulit wajah secara berkala dengan rutin melakukan cuci muka kalau kulit terasa tidak nyaman. Selanjutnya aplikasikan beberapa krim yang menjaga kulit dari kekeringan dan kulit berminyak. Terakhir, perbanyak minum air putih. Kalau tubuh menerima 6-8 gelas air setiap hari dehidrasi tidak akan terjadi.

  1. Melakukan scrub rutin

Wajah pria terkadang terlihat kusam meski sering dibersihkan dan dirawat, Hal ini bisa terjadi karena kulit yang ada di wajah ada yang mati. Lapisan kulit ari paling luar yang sudah rusak menempel dan susah mengelupas. Itulah kenapa dibutuhkan scrub agar bisa mengelupas dan sel kulit baru bisa tampak.

Anda bisa menggunakan beberapa perlengkapan scrub yang ada di pasangan. Kalau tidak bisa melakukannya sendiri bisa meminta bantuan pasangan atau orang lain agar semua kotoran bisa terangkat dengan sempurna.

  1. Jangan lupakan area bibir dan jenggot

Bagian wajah pria juga terdiri dari bibir dan area jenggot. Untuk area bibir pria bisa membersihkannya dengan air bersih setiap hari. Kalau sudah tidak merokok, warna dari bibir akan kembali lagi seperti semula.

Selanjutnya pada jenggot atau kumis yang dijaga tetap tumbuh, selalu cuci setiap hari. Jangan lupa untuk mengecek rambut ini apakah ada bisul di sekitarnya atau mungkin semacam ketombe yang membuat gatal.

  1. Memakai tabir surya pada kondisi tertentu

Kalau Anda bekerja di luar ruangan dan sering terpapar dengan sinar matahari, ada baiknya untuk memakai tabir surya. Dengan menggunakan tabir surya ini kulit akan terlapisi dan tidak mudah terbakar oleh terik matahari.

Berada di bawah sinar matahari secara langsung cukup berbahaya. Bahkan, kulit bisa mengalami kanker melanoma kalau tidak dilindungi sejak dini.

  1. Menjaga gaya hidup

Katakanlah pria sudah melakukan empat cara yang sebelumnya telah dibahas. Namun, karena mereka tetap merokok dan melakukan kebiasaan yang buruk lain, kulit jadi tidak terjaga kebersihan dan kesehatannya. Beberapa pria bahkan memiliki kulit yang kering dan juga cenderung kasar di area wajah.

Kalau ingin kulit di area wajah tetap sehat seperti biasanya, lebih baik menjauhi rokok dengan baik. Berhenti dari aktivitas ini akan mengembalikan kesehatan dari mulut dan kulit wajah. Selanjutnya, imbangi dengan olahraga agar tubuh berkeringat dan kulit selalu sehat setiap saat.

Dari beberapa perawatan wajah di atas, kita memang tidak harus mengikuti semuanya. Namun, gunakan beberapa yang dasar dan bisa menutupi banyak masalah. Kalau Anda terbiasa merawat kulit wajah, bagian tubuh lain juga akan terbiasa untuk dirawat. Semoga bermanfaat untuk Anda!