Cara Merawat Wajah Menggunakan Lidah Buaya

cara-memakai-lidah-buaya-untuk-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang umum dikenal untuk menjaga kesehatan rambut. Selain menjaga kesehatan rambut, ternyata lidah buaya juga bisa digunakan untuk  merawat kesehatan kulit muka. Lantas, bagaimana cara memakai lidah buaya untuk wajah?

Kandungan Lidah Buaya

Sebelum membahas mengenai cara memakai lidah buaya untuk wajah, hal penting yang perlu Anda ketahui adalah kandungan apa saja yang ada di dalam lidah buaya. Daging lidah buaya beserta dengan getahnya kaya akan nutrisi dan beberapa senyawa penting, antara lain vitamin A, C, E, B12, asam folat, kalsium, kalium, kolin, magnesium, natrium, tembaga, mangan, dan seng.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung enzim yang membantu mengurangi pemecahan gula dan lemak di dalam tubuh serta mengurangi peradangan di kulit. Bahkan, lidah buaya juga mengandung beberapa asam amino esensial yang baik untuk tubuh.

Cara Memakai Lidah Buaya untuk Wajah

Pada dasarnya, membuat masker lidah buaya bisa murni atau dengan campuran bahan lain. Cara memakai masker lidah buaya murni sangat mudah, yang pertama adalah cuci bersih, kupas kulit lidah buaya hingga mendapatkan daging buahnya.

Cara merawat wajah dengan lidah buaya ini sebaiknya dilakukan dengan mencuci wajah hingga bersih terlebih dahulu. Lantas, bagaimana mengenai waktu yang baik menggunakan masker lidah buaya? Pada dasarnya tidak ada waktu yang pasti menggunakan masker lidah buaya, namun banyak orang menggunakannya saat malam hari sebelum tidur dan dibersihkan pada pagi hari.

Setelah Anda mendapatkan dagingnya, cara menggunakan masker lidah buaya berikutnya adalah dengan membersihkan dagingnya dari getah. Kemudian Anda bisa menghaluskannya dengan menumbuk atau lewat bantun blender.

baca juga: 11 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang Wajib Anda Tahu

Setelah lidah buaya hancur dan berbentuk mirip dengan gel, maka Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis (atau bahan lainnya) dan kemudian diaduk-aduk hingga merata.

Segera oleskan secara merata dan diamkan saja masker ini hingga mengering. Waktu 15 hingga 30 menit dianggap sebagai waktu yang ideal untuk mendiamkan masker lidah buaya karena kandungannya akan merawat kulit wajah hingga ke pori-pori.

Setelah mengering, Anda bisa segera membilas muka dengan air bersih dan kembali keringkan muka dengan handuk. Nah, itulah cara merawat wajah dengan lidah buaya murni atau dengan tambahan jeruk nipis. Campuran bahan lainnya yang bisa digunakan, di antaranya:

1. Lidah Buaya dengan Madu dan Kayu Manis

Cara merawat wajah dengan lidah buaya berikutnya bisa dilakukan dengan mencampurkan 2 sendok madu murni dengan 1 sendok daging lidah buaya. Aduk hingga merata kemudian campurkan dengan ¼ sendok kayu manis. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 5-10 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

Selain itu, agar sel-sel kulit yang mati tidak memblokir pori-pori, membuat kulit terasa segar dan halus, serta merangsang pertumbuhan kulit yang sehat adalah dengan menerapkan cara merawat wajah dengan aloe vera dengan campuran gula pasir halus dan minyak kelapa

2. Lidah Buaya dengan Minyak Kelapa dan Gula Pasir

Cara memakai lidah buaya untuk wajah ini bisa dilakukan dengan mencampur ½ cangkir minyak kelapa dan ½ cangkir gula pasir. Setelah diaduk hingga merata, tuangkan ¼ cangkir lidah buaya yang sudah dipotong-potong. Kemudian gosokan campuran bahan tersebut pada wajah dan hindari area mata.

Campuran lain yang bisa digunakan sebagai cara memakai lidah buaya untuk wajah menambahkan tea tree oil. Penerapannya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan gel lidah buaya dengan air dan 3 sendok tea tree oil.

Namun demikian, campuran kedua tersebut bahan  berisiko mengiritasi kulit sensitif karena kandungan tea tree oil yang sangat asam. Segera bilas keringkan setelah 1 menit pengaplikasian masker.

Pada akhirnya, cara memakai lidah buaya untuk wajah seperti di atas adalah sesuatu yang aman digunakan. Akan tetapi, jika cara memakai masker lidah buaya ini menimbulkan rasa panas, kemerahan atau gatal, kemungkinan Anda mengalami iritasi atau alergi. Hentikan penggunaanya dan segera konsultasi dengan dokter kulit.

baca juga: 10 Manfaat Lidah Buaya, dari Kecantikan hingga Bikin Awet Muda

Penggunaan Lidah Buaya Selain untuk Masker

Setelah Anda mengetahui cara memakai lidah buaya untuk wajah secara lengkap seperti di atas, perlu Anda ketahui juga bahwa lidah buaya tidak hanya bisa digunakan sebagai masker, tapi bisa digunakan untuk:

1. Melembutkan kulit

Lidah buaya tidak hanya digunakan untuk kulit wajah saja, akan tetapi bisa digunakan untuk merawat kulit dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jika didapati kulit Anda kering dan pecah-pecah, Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk memperbaiki kulit pecah-pecah dan membantu melembutkan kulit.

2. Menyembuhkan luka

Memiliki kandungan antioksidan yang kuat, lidah buaya dipercaya dapat membangun sel kulit yang rusak. Lidah buaya sendiri sangat efektif digunakan untuk mengatasi luka bakar. Luka bakar tingkat pertama dan kedua yang diobati dengan lidah buaya akan lebih cepat sembuh dibanding luka yang tidak mendapatkan penanganan dari lidah buaya.

3. Melembapkan kulit

Manfaat lidah buaya untuk wajah dipercaya dapat membantu melembapkan kulit. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dapat menggunakan tanaman ini sebagai pelembap. Sementara untuk kulit kering, lidah buaya dapat membantu membuat wajah Anda tetap lembap.

4. Mengatasi ruam dan gatal

Sebuah penelitian mengungkapkan, berkumur dengan obat kumur yang mengandung lidah buaya membantu mengurangi peradangan gingiva pada orang yang baru saja menjalani perawatan untuk menghilangkan plak. Temuan itu mengungkapkan, sifat antimikroba dan antibakteri lidah buaya membantu mengatasi peradangan gusi.

5. Mengatasi kulit terbakar karena sinar matahari

Jika kulit Anda terbakar akibat paparan sinar matahari, sebaiknya Anda menggunakan pelembap atau lotion yang mengandung lidah buaya. Pelembap atau lotion yang mengandung lidah buaya dapat mengembalikan kelembapan kulit yang hilang.

baca juga: 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Perawatan yang Cocok untuk Semua Tipe Rambut!

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memakai Lidah Buaya untuk Wajah

Agar Anda terhindar dari risiko yang tidak diinginkan, pastikan menggunakan gel yang lidah buaya yang diambil langsung dari tanamannya. Lidah buaya yang asli dan memiliki kondisi yang baik mengadung semua nutrisi penting untuk mengatasi berbagai masalah kulit, jerawat yang meradang dan meredakan kulit dari iritasi.

Jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya melakukan tes kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan masker lidah buaya. Anda bisa mencobanya dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung tangan. Apabila terasa gatal atau muncul kemerahan, cuci area tersebut dengan air sampai bersih dan hentikan pemakaian.