Terbit: 7 September 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara merawat rambut rusak akibat smoothing penting bagi mereka yang melakuan teknik perawatan rambut ini. Smoothing adalah teknik pelurusan rambut keriting dengan obat yang dapat merusak kesehatan rambut. Ladies, yuk simak penjelasan di bawah ini tentang cara merawat rambut setelah smoothing untuk mencegah rambut rusak!

Ini Cara Mudah Merawat Rambut Rusak akibat Smoothing

Cara Merawat Rambut Rusak akibat Smoothing

Efek samping yang paling sering terjadi akibat smoothing adalah rambut rontok. Ini karena penggunaan panas yang berlebihan dan bahan kimia berbahaya dapat melemahkan folikel rambut dan menyebabkan terlepas dari akar, sehingga menyebabkan rambut rontok.

Setelah smoothing, kepadatan atau volume rambut mungkin berkurang karena penipisan dan kerusakan. Efek samping lainnya, termasuk kehilangan atau kerusakan pada tekstur alami rambut, kekeringan, berketombe, rapuh, dan ujung rambut bercabang. jika ini terjadi, penting untuk melakukan perawatan.

Berikut ini cara merawat rambut yang rusak akibat smoothing:

1. Santan Kelapa

Kandungan asam kaprat dan asam laurat yang terdapat dalam kelapa kaya akan antijamur, sifat antimikroba, ini penting untuk mencegah radikal bebas yang menghambat pertumbuhan rambut.

Untuk mendapatkan manfaatnya dalam menyehatkan rambut, gunakanlah santan kelapa. Anda dapat menggunakan santan di rumah. Berikut ini cara membuatnya:

  • Memarut kelapa.
  • Tambahkan air dan merebusnya dalam panci selama beberapa menit.
  • Saring dan biarkan sampai dingin.
  • Tambahkan satu sendok makan fenugreek (methi) dan lada hitam bubuk, dan aduk hingga merata.
  • Oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut dan biarkan setelah 30 menit.
  • Bilas dengan sampo setelah 30 menit.

2. Aloe Vera

Aloe vera alias lidah buaya dapat membantu mengatasi banyak masalah yang berhubungan dengan kulit kepala dan rambut rontok. menggunakan lidah buaya juga menjadi salah satu cara merawat rambut rusak akibat smoothing.

Tanaman ini mengandung enzim proteolitik, yang membantu memperbaiki sel-sel rusak dan meningkatkan kesehatan folikel rambut. Lidah buaya juga memiliki sifat antijamur yang dapat mencegah ketombe.

Berikut ini cara menggunakan lidah buaya untuk rambut:

  • Siapkan ekstrak daging aloe vera.
  • Oleskan pada kulit kepala secara merata dan biarkan selama 1 jam.
  • Bilas dengan air setelah 1 jam.

3. Amla

Amla adalah buah yang dapat membantu menguatkan kekebalan alami dan menjadi salah satu bahan pilihan yang bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Buah amla mengandung banyak asam amino esensial, yang memperkuat folikel rambut dan membuat rambut kuat dan berkilau.

Berikut cara membuat pasta dari amla:

  • Campurkan bubuk amla dan air lemon, dan aduk hingga merata sampai menjadi pasta.
  • Pijatkan pasta ini di kulit kepala dan biarkan selama 1 jam.
  • Bilas dengan air biasa setelah 1 jam.

4. Shikakai

Shikakai adalah jenis kacang dari tanaman semak yang kaya akan antioksidan dan vitamin esensial D, K, A dan C, yang semua dapat membantu rambut tetap ternutrisi. Berkat sifatnya yang membersihkan rambut, herbal yang populer di India ini sering kali dianggap sebagai alternatif alami untuk sampo.

Berikut ini cara membuat ramuan shikakai untuk rambut:

  • Jemur kacang shikakai selama beberapa hari sampai kering.
  • Menggilingnya dalam mixer.
  • Campurkan dua sendok bubuk shikakai dengan minyak kelapa, dan aduk sampai merata.
  • Simpan di tempat yang sejuk dan kering selama dua minggu.
  • Kocok sebelum mengoleskannya pada kulit kepala.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut Smoothing yang Bikin Rambut Lurus Tahan Lama

5. Mengurangi Suhu pada Alat Perawatan Rambut

Alat pengeriting rambut, catokan rambut, dan hair dryer alias pengering rambut, dan smoothing, adalah perawatan rambut yang mengubah rambut biasa atau sulit diatur menjadi bergelombang dan ikal, serta bervolume atau mengembang. Tetapi dengan suhu panas dari semua alat tersebut, muncul kerusakan akibat panas, termasuk rambut kering, rapuh, dan rontok.

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah mengatur suhu terlalu tinggi saat menata rambut dengan alat yang memiliki suhu panas. Untuk itu, sebaiknya lewati penataan rambut dengan suhu panas sama sekali jika memungkinkan.

6. Masker Rambut

Masker rambut adalah produk perawatan kecantikan yang mengandung konsentrasi tinggi bahan reparatif dan pelembap, seperti vitamin, minyak, dan elemen alami. Menggunakan masker rambut juga menjadi pilihan cara merawat rambut rusak akibat smoothing dan warna.

Jenis masker rambut ini juga lebih tebal dari kondisioner biasa, jadi saat mengoleskannya ke rambut basah, pastikan masker rambut tetap menempel.

Masker ini memberikan waktu bagi formula ini untuk menembus lebih dalam ke permukaan rambut dan mengisi sela rambut yang berkembang di permukaan rambut rusak.

 7. Memotong Ujung Rambut Bercabang

Ujung rambut yang bercabang akibat smoothing membuat rambut tersangkut di pakaian. Tidak hanya itu, rambut bercabang juga menyebabkan rambut kusut, rusak, dan sulit tumbuh kembali.

Guna mencegah rambut bercabang sejak awal, pastikan rambut tetap tebal dan kuat dengan sampo, kondisioner, dan krim tanpa bilas yang menguatkan. Jika sudah rusak akibat teknik pelurusan rambut, memotong ujung rambut adalah cara merawat rambut rusak akibat smoothing secara alami.

Agar ujung rambut bercabang tampak tertata kembali, kunjungi salon perawatan rambut untuk memangkas atau memotongnya. Anda tidak perlu memangkas banyak rambut sama sekali, stylist hanya memotong ujung rambut bercabang agar rambut tetap sehat, kuat, dan tidak kusut.

8. Memilih Sampo yang Tepat

Pilihlah sampo bebas sulfat yang diformulasikan untuk rambut rusak, terutama akibat smoothing. Menggunakan sampo yang mengandung bahan-bahan alami akan membantu memperbaiki rambut rusak.

Pastikan untuk tidak terlalu sering keramas. Jika ingin menyegarkan rambut dan kulit kepala, cobalah sampo kering pada hari kedua atau ketiga. Langkah terakhir, cuci rambut dengan air hangat atau dingin, dan bilas dengan air dingin. Air dingin dapat membantu mencegah dan menutup kutikula rambut pada rambut rusak.

9. Menghidrasi Rambut

Kulit kering tampak pecah-pecah dan kusam, itulah alasan mengapa jangan lupa melembabkan rambut Anda. Rambut kering adalah penyebab utama kerusakan dan kerontokan rambut. Hal ini karena jika rambut tidak memiliki kelembapan yang optimal maka akan menjadi rapuh dan rontok, seperti halnya kulit. Smoothing juga bisa menyebabkan rambut terasa kering.

Jika rentan terhadap rambut kering, gunakan bahan pelembap yang mencakup sampo, kondisioner, masker, dan produk tanpa bilas yang menghidrasi. Ini adalah cara yang sangat mudah untuk mencegah rambut kering.

 

  1. Habib, Fatema. 2019. 5 Terrible Side-Effects of Hair Smoothening You Need to Know. https://www.bebeautiful.in/all-things-hair/hair-treatments/what-are-the%20side-effects-of-hair-smoothening (Diakses pada 7 September 2021)
  2. Summers, Jackie. 2019. 9 Ways to Repair, Treat & Fix Damaged Hair. https://www.matrix.com/blog/9-ways-to-repair-treat-and-fix-damaged-hair (Diakses pada 7 September 2021)
  3. Shah, Rohit. Tanpa Tahun. Does Beauty Treatment Like Smoothening, Straightening Cause Hair Loss?. https://www.lybrate.com/topic/homeopathic-remedies-for-hair-loss/2b4789cf51cc5f941cb3e68e3413cdf0 (Diakses pada 7 September 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi