Terbit: 18 April 2018 | Diperbarui: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagai negara tropis, Indonesia tentu saja memiliki dua musim yang datang silih berganti, musim kemarau dan musim hujan. Di saat musim kemarau tiba, Anda tentu melakukan perawatan kulit lebih ekstra untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Namun, hal tersebut rupanya akan berbeda saat musim hujan tiba.

Cara Merawat Kulit Saaat Musim Hujan Tiba

Biasanya Anda justru melewatkan sejumlah perawatan kulit pada musim hujan. Padahal kulit juga memiliki risiko tinggi mengalami sejumlah masalah saat musim hujan tiba. Maka dari itu tidak ada salahnya menyimak sejumlah tips berikut.

1. Menjaga Kelembapan

Dilansir dari laman Barris Laser, satu hal yang wajib dilakukan selama musim hujan adalah menjaga kelembapan kulit. Anda dapat menggunakan moisturizer favorit untuk menjaga kelembapan sel kulit. Jangan lupa untuk menjaga asupan air putih untuk menjaga sel tubuh dan sel kulit tetap terhidrasi.

2. Membersihkan Kulit

Musim hujan menjadikan udara semakin lembap yang juga membuat bakteri dan virus berkembang lebih cepat. Maka dari itu, jangan sampai Anda melewatkan waktu untuk membersihkan kulit. Gunakan cleanser dengan formula ringan yang dapat membersihkan kulit secara optimal.

3. Gunakan Serum

jenis skincare satu ini tidak hanya membuat kuit lebih siap untuk diaplikasikan make up saja. Dilansir dari Barris Laser, serum juga berfungsi mengunci kelembapan serta menyeimbangkan level pH kulit.

4. Menggunakan Sunscreen

Saat hujan bukan berarti Anda tidak perlu menggunakan sunscreen. Pasalnya, radiasi sinar UVA dan UVB masih tetap ada kendati sedang hujan mau pun mendung walaupun intensitasnya tidak setinggi saat hari cerah.

Nah, sejumlah tips di atas dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat selama musim hujan tiba. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga asupan makanan, terutama dengan meningkatkan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi