7 Cara Menyusui Bayi Kembar yang Benar, Nyaman, dan Aman

posisi-menyusui-bayi-kembar-doktersehat
Image by Karen Warfel from Pixabay

DokterSehat.Com – Bagi para ibu yang memiliki anak kembar, janganlah merasa frustrasi. Menyusui bayi kembar tidaklah sesulit yang dibayangkan jika Anda mengetahui caranya. Oleh karena itu, simaklah beberapa cara menyusui bayi kembar yang sudah teruji ini!

Ketahui dan terapkanlah juga beberapa tips menyusui bayi kembar yang akan mempermudah proses menyusui bayi kembar Anda. Impian Anda untuk memberikan ASI  penuh kepada bayi kembar pun bisa diwujudkan dan penuh suka ria.

Cara menyusui bayi kembar yang benar dan nyaman

Kesulitan dalam menyusui bayi kembar biasanya dikarenakan ibu belum mengetahui dan menerapkan cara menyusui bayi kembar yang benar. Para ibu yang melahirkan bayi kembar perlu mengetahui hal ini sehingga bisa menyusui bayi kembar tanpa kesulitan.

Berikut ini adalah beberapa cara menyusui bayi kembar yang benar dan mudah:

1. Perbaiki kondisi ibu

Kebanyakan ibu yang baru melahirkan memiliki kondisi yang kurang baik. Kondisi tersebut meliputi kondisi fisik, kondisi jiwa, dan kondisi mental. Terlebih lagi, jika ibu tersebut baru pertama kali melahirkan dan dikaruniai bayi kembar sebagai anak pertama.

Kondisi jiwa ibu yang stres, banyak pikiran, frustasi, atau depresi bisa menghambat proses menyusui bayi kembar. Oleh karena itu, Anda harus memperbaiki kondisi pikiran, mental, dan fisik. Menerapkan pola hidup sehat bisa membantu kondisi fisik ibu tetap baik.

2. Menjaga produksi ASI cukup untuk bayi kembar

Cara menyusui bayi yang cukup penting untuk diperhatikan adalah menjaga produksi ASI cukup untuk bayi kembar Anda. Produksi ASI yang kurang bisa menghambat kelancaran menyusui bayi kembar.

Jika produksi ASI Anda cukup untuk bayi kembar, menyusui pun akan berjalan dengan lancar. Salah satu kesulitan dalam menyusui bayi kembar, yaitu bayi masih lapar setelah payudara terasa kosong, bisa Anda hindari.

3. Menggunakan bantal menyusui

Pemakaian bantal menyusui juga salah satu cara menyusui bayi kembar dengan benar dan mudah. Dengan menggunakan bantal menyusui, maka posisi ibu ketika menyusui bayi menjadi lebih tepat. Perlekatan antara bibir bayi dan puting pun lebih baik.

Jangan heran bila semakin hari semakin banyak ibu menyusui yang menggunakan bantal menyusui. Sudah banyak ibu yang merasakan manfaat bantal menyusui terutama ibu dari bayi kembar. Oleh karena itu, pastikan Anda telah memiliki bantal ini.

Baca Juga: Bantal Menyusui: Manfaat, Jenis, dan Cara Pakai

4. Mengatur beberapa persiapan

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh Anda sebelum menyusui bayi kembar. Persiapan pertama adalah mencuci tangan dengan bersih sebelum menyusui. Setelah itu, pastikan beberapa barang yang Anda butuhkan ketika proses menyusui berlangsung sudah ada di dekat Anda.

Beberapa barang yang biasanya dibutuhkan dan perlu ada di dekat Anda ketika menyusui adalah kain bersih untuk bayi, kain bersih untuk puting Anda, jam untuk melihat durasi menyusui bayi, dan air minum untuk ibu jika mendadak haus.

Cara menyusui bayi kembar agar nyaman adalah dengan mengatur lokasi menyusui sehingga suasanya mendukung untuk menyusui bayi kembar. Pilihlah tempat menyusui yang tenang, pencahayaan baik, ventilasi udara bagus, dan udara sejuk.

5. Menyusui secara tandem

Umumnya, bayi baru lahir akan menyusui sekitar 2 jam sekali. Akan tetapi, tidak ada yang bisa memprediksi waktu ketika bayi Anda ingin menyusu. Ada kalanya bayi menyusu tidak bersamaan dengan saudara kembarnya dan ada pula momen di mana secara bersamaan meraka ingin menyusu.

Jika bayi kembar Anda ingin menyusu dan waktunya bersamaan, maka jangan bingung. Anda bisa menerapkan cara menyusui bayi kembar secara tandem. Tandem adalah menyusui dua bayi dalam satu waktu. Menyusui secara tandem bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa pilihan posisi.

6. Memilih posisi menyusui bayi kembar

Cara menyusui bayi kembar secara tandem bisa dilakukan dengan menerapkan posisi menyusui yang tepat. Dilansir dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), ada tiga pilihan posisi menyusui bayi kembar.

  • Double Football

Posisi yang paling umum dan banyak diterapkan untuk menyusui bayi kembar adalah double football. Posisi menyusui ini adalah dengan menempatkan dan memegang bayi kembar pada kedua sisi payudara ibu yang sedang menyusu.

Bayi kembar diposisikan berbaring di bawah tangan ibu dan kepala mereka ditopang di tangan ibu. Awalnya, posisi ini akan sulit bagi Anda yang baru menjalankannya. Namun, Anda akan terlatih jika sering melakukannya.

  • Double Cradle

Cara menyusui bayi kembar juga bisa dilakukan dengan memilih posisi double cradle. Pada posisi ini, bayi akan dipegang sebagaimana menyusui bayi tunggal dan badannya ada di atas perut ibu. Badan kedua bayi kembar dibuat saling menyilang.

  • Kombinasi football dan cradle

Anda bisa menyusui bayi kembar dengan mengombinasikan kedua posisi sebelumnya, yaitu football dan cradle. Pemegangan bayi pertama mengikuti cara football dan bayi kedua memakai posisi cradle.

7. Menyusui bayi dengan payudara yang bergantian

Cara menyusui bayi kembar ketika waktunya tidak bersamaan adalah dengan mengingat bahwa penggunaan payudara harus seimbang. Jika bayi pertama telah menyusui di sebelah kanan, maka ketika bayi kedua ingin menyusu gunakanlah payudara sebelah kiri.

Hal tersebut bertujuan agar kedua payudara bisa seimbang dalam melakukan produksi dan mengeluarkan ASI sehingga ukuran kedua payudara akan tetap sama. Penggunaan payudara yang tidak seimbang pada satu sisi saja akan membuat payudara besar sebelah.

Baca Juga: Cara Menyusui yang Benar agar Bayi Kenyang dan Ibu pun Tenang!

Tips menyusui bayi kembar

Kesulitan dalam menyusui bayi memang sering ada dan susah terhindarkan. Namun, ada beberapa tips yang bisa mengurangi kesulitan dalam menyusui bayi kembar.

Berikut ini adalah beberapa tips menyusui bayi kembar:

  • Menjaga kesehatan tubuh ibu
  • Mengonsumsi asupan yang bergizi dan booster ASI
  • Istirahat yang cukup (usahakan untuk tidur ketika bayi tidur)
  • Aturlah waktu makan agar tidak bentrok atau terhambat karena harus menyusui
  • Susuilah bayi kembar hingga kenyang atau payudara terasa kosong
  • Pilihlah bantal menyusui dengan ukuran dan bahan yang nyaman dan pas
  • Perbanyaklah pengetahuan laktasi melalui berbagai media
  • Lakukanlah konsultasi dengan konsultan laktasi

 

 

Sumber:

  1. IDAI: Menyusui Bayi Kembar. http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/menyusui-bayi-kembar [diakses pada 25 April 2019]