Bagaimana Cara Menyimpan Obat yang Benar?

pil_tablet_obat_doktersehat_1
Photo Source: Fickr/calliope

DokterSehat.Com– Ketika sedang sakit, kita pasti akan segera mengonsumsi obat sesuai dengan penyakit yang sedang kita derita. Obat memang berfungsi untuk menyembuhkan, bahkan mencegah suatu penyakit di dalam tubuh. Maka tak heran jika obat kerap di konsumsi oleh banyak orang.

Umumnya, obat memiliki fungsi dan kemasan yang berbeda. Sehingga penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan obat dengan baik dan benar, agar fungsi dan khasiat obat tersebut tidak berkurang.

Biasanya, kita akan menyimpan obat di dalam lemari es. Hal ini dikarenakan kita percaya bahwa saat obat disimpan di dalam lemari es akan tahan lama dan tidak rusak. Selain itu, memang ada beberapa jenis obat yang membutuhkan cara penyimpanan yang khusus, salah satunya adalah obat sediaan untuk vagina dan anus. Cara pemakaian jenis obat ini biasanya dimasukkan ke dalam anus. Sehingga, harus diletakkan di dalam lemari es agar tidak mencair.

Cara penyimpanan obat lainnya adalah dengan cara membaca kemasan obat terlebih dahulu. Jika di dalam kemasan obat mengharuskan disimpan di ruangan kering dan sejuk, maka Anda bisa menyimpannya di dalam ruangan saja, tanpa perlu lemari es.

Adapun cara yang umum dilakukan untuk menyimpan obat yang baik dan benar adalah dengan menyimpan obat dalam kemasan asli dan dalam wadah yang tertutup. Selain itu, simpan obat di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung atau mengikuti anjuran penyimpanan sesuai yang tertera pada kemasan.

Hal yang paling penting adalah jangan menyimpan obat yang telah kedaluwarsa. Oleh sebab itu, Anda perlu memeriksa tanggal kedaluwarsa obat tersebut secara berkala untuk menghindari pemakaian obat yang telah kedaluwarsa karena bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh kita. Yang terakhir adalah jauhkan dari jangkauan anak-anak karena jika sampai tertelan, akan besar risikonya bagi anak.