Terbit: 7 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minyak goreng merupakan salah satu bahan untuk memasak makanan yang harus selalu tersedia di dapur. Minyak goreng sendiri berfungsi untuk menggoreng maupun menumis makanan. Meskipun penggunaan minyak goreng yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan, namun nyatanya masih banyak orang yang gemar mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Tips untuk Menjaga Minyak Goreng Agar Tahan Lama

Minyak goreng yang digunakan unruk memasak haruslah yang memiliki kualitas bagus. Sebab, minyak goreng dengan kualitas buruk dapat mempengaruhi cita rasa masakan serta kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan minyak goreng agar tetap awet dan tahan lama.

1. Simpan Ditempat yang Sejuk

Jangan menyimpan minyak goreng di tempat sembarangan. Pastikan minyak goreng disimpan pada tempat yang sejuk. Pasalnya, minyak goreng yang disimpan di tempat terbuka dan terkena paparan sinar matahari langsung, dapat mengakibatkan minyak goreng rusak. Oleh sebab itu, sebaiknya simpan minyak goreng di dalam lemari maupun di ruangan yang tertutup.

2. Simpan di Tempat yang Kering

Selain di tempat yang sejuk, Anda juga harus menyimpan minyak goreng di tempat yang kering serta tidak lembap. Hindari menyimpan minyak goreng di dekat bahan makanan yang memiliki bau tajam. Pasalnya, minyak goreng dapat menyerap bau, termasuk bau makanan tersebut. Sehingga membuat minyak goreng terkontaminasi dan menjadi rusak.

3. Simpan Dalam Botol Kaca

Ketika Anda membeli minyak goreng, pasti menggunakan kemasan kantong plastik ataupun botol plastik. Sebaiknya, salin minyak goreng ke dalam botol kaca. Hal ini dikarenakan, botol kaca lebih aman dan tidak mudah terkontaminasi oleh bahan kimia maupun bahan berbahaya lainnya yang bisa membuat minyak goreng rusak, serta aroma minyak goreng tetap terjaga kesegarannya. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa lebih baik menyimpan minyak goreng di dalam botol kaca dibanding dengan botol plastik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Tutup Kemasan dengan Baik

Kemasan minyak goreng yang tidak ditutup dengan baik juga dapat mempengaruhi kualitas minyak goreng. Oleh sebab itu, tutuplah kemasan minyak goreng dengan baik untuk menghindari bauk tengik. Simpanlah minyak goreng di dalam wadah kedap udara, sebab udara yang ada pada kemasan dapat menyebabkan oksidasi dan membuat aroma minyak goreng berubah menjadi tengik.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi