Cara Menyembuhkan Wasir secara Alami pada Pria

cara-mengatasi-wasir-doktersehat

DokterSehat.Com – Wasir adalah salah satu penyakit yang sering diabaikan oleh banyak orang, padahal bisa membuat banyak orang menderita. Salah satu faktor risiko penyebab wasir adalah pria yang terlalu lelah bekerja khususnya yang bekerja di kantor. Sayangnya, tak semua tahu bagaimana cara menyembuhkan wasir pada pria.

Selain karena terlalu capai saat duduk, wasir yang memicu pembengkakan pembuluh darah di anus juga terjadi saat olahraga. Beberapa pria yang banyak melakukan angkat beban di tempat gym bisa memicu otot di sekitar bokong menekan ke anus sehingga pembengkakan tidak bisa dihindari dan kalau sudah parah bisa menyebabkan terjadinya perdarahan.

Kalau Anda sering mengalami nyeri di sekitar anus karena kelelahan bisa jadi itu gejala dari wasir. Simak cara mengatasinya di bawah ini agar aktivitas tidak terganggu.

  1. Lakukan peregangan setelah duduk terlalu lama

Salah satu penyebab dari munculnya wasir adalah pria terlalu lama duduk saat pekerja. Mereka yang banyak berhadapan dengan laptop dan bekerja seharian disarankan untuk melakukan peregangan setelah duduk selama 2-3 jam atau saat area di pinggang mulai nyeri dan tidak tertahankan.

Peregangan bisa dilakukan dengan berdiri dan berjalan santai selama 5 menit hingga tubuh menjadi lebih relaks. Setelah melakukannya, Anda bisa duduk kembali dan bekerja. Alternatif lain kalau Anda lebih banyak bekerja dengan duduk adalah dengan jalan kaki setiap pagi atau siang hari saat jam istirahat selama 15 menit.

  1. Penuhi kebutuhan serat harian

Wasir juga bisa diatasi dengan memenuhi kebutuhan serat harian. Kalau Anda memenuhi kebutuhan serat, pencernaan bisa berjalan dengan lancar. Selanjutnya saat buang air besar, Anda juga tidak akan mengejan terlalu kuat sehingga area dari anu tidak terasa sakit dan berdarah.

Serat yang sangat penting bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau dan buah-buahan. Sediakan camilan saat makan siang berupa apel, jeruk, atau buah lainnya. Hindari makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak lemak.

  1. Lalukan pengompresan kalau tidak nyaman

Saat wasir sedang kambuh dan membengkak, Anda akan merasakan nyeri yang teramat menyakitkan. Rasa nyeri yang terlalu kuat ini juga menyebabkan Anda tidak duduk dalam jangak waktu lama atau tidak bisa sama sekali. Oleh karena itu, coba redakan pembengkakan dengan melakukan pengompresan.

Anda bisa menggunakan kompres dengan air es. Ambil handuk lalu rendam, ke dalam air es untuk sementara waktu. Selanjutnya, coba letakkan di depan anus dan tekan perlahan-lahan. Biarkan handuk berada di sana selama beberapa saat sebelum akhirnya menghangat. Ulangi beberapa kali pengompresan sampai rasa sakit mereda.

  1. Berendam di air hangat

Alternatif lain dari pengompresan adalah dengan berendam di dalam air hangat. Perendaman ini dilakukan untuk meredakan rasa nyeri dan mengempiskan pembengkakan. Selanjutnya air hangat juga membuat otot di sekitar anus menjadi lebih relaks dari biasanya.

  1. Selalu jaga sanitasi

Selalu jaga sanitasi dari area anus dan selangkangan. Jangan biarkan area anus kotor setiap saat meski setelah dibasuh dengan air hingga bersih. Hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat dan menyebabkan area itu berkeringat dan mudah sekali mengalami infeksi.

  1. Perbanyak istirahat

Wasir bisa kambuh karena tubuh pria terlalu lelah. Oleh karena itu kalau mulai ada tanda-tanda nyeri di anus segera perbanyak istirahat sehingga kondisinya tidak mengalami penurunan.

Inilah beberapa cara untuk menyembuhkan wasir yang mengganggu pada pria. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda semua.