10 Cara Mengatasi Testis Bengkak (Orchitis) di Rumah

testis-bengkak-doktersehat

DokterSehat.Com– Orchitis adalah suatu kondisi peradangan pada satu atau kedua testis pria, yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Orchitis pada anak-anak sebagian besar disebabkan oleh infeksi virus gondong (mumps) sehingga menyebabkan testis bengkak.

Orchitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri paling sering berhubungan dengan epididimis, merupakan tabung yang membawa semen atau sperma keluar dari testis. Infeksi ini disebut epididymo-orchitis.

Siapa yang Berisiko Mengalami Orchitis?

Anak-anak maupun pria dewasa baik usia produktif maupun lansia sama-sama dapat memiliki risiko untuk terkena orchitis, namun yang membedakannya adalah penyebabnya saja.

Sebelum mengetahui bagaimana pengobatan orchitis, terlebih dahulu simak apa saja penyebab orchitis pada pria.

Penyebab Orchitis pada Pria

Dari yang telah disinggung sebelumnya, penyebab orchitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan idiopatik.

1. Orchitis bakterialis

Merupakan penyebab orchitis paling sering pada pria dewasa akibat infeksi bakteri dari gonore, klamidia, dan sifilis. Biasanya mengenai pria usia produktif antara 19-35 tahun. Hal ini terjadi karena pada usia ini umumnya sudah memiliki banyak pasangan seksual, terlibat dalam perilaku seksual berisiko tinggi terutama bila memiliki riwayat penyakit menular seksual (PMS). Pada beberapa kasus juga pernah terjadi akibat infeksi saluran kencing (ISK) atau dari penggunaan urine kateter yang terlalu lama, namun hal ini jarang sekali terjadi.

2. Orchitis virus

Lain halnya dengan orang dewasa, orchitis virus merupakan penyebab yang sering ditemukan pada anak-anak. Kejadian ini biasanya berhubungan dengan infeksi gondongan (mumps). Selain virus mumps, orchitis bisa juga disebabkan oleh coxsackievirus, echovirus, dan cytomegalovirus.

3. Orchitis idiopatik

Merupakan orchitis yang masih belum dapat ditentukan penyebabnya atau bukan berasal dari bakteri maupun virus.

Gejala Orchitis

Gejala yang timbul kemungkinan bisa ringan hingga berat, dan peradangan mungkin terasa pada satu atau di kedua testis. Penderita orchitis mungkin mengalami nyeri dan pembengkakan yang cepat, atau gejalanya mungkin muncul secara bertahap.

Gejala orchitis meliputi:

  • Pembengkakan testis
  • Kemerahan pada testis
  • Nyeri ketika testis ditekan lembut
  • Demam dan menggigil
  • Mual
  • Lesu dan kelelahan
  • Sakit kepala
  • Pegal-pegal
  • Nyeri saat buang air kecil

Pada epididimo-orchitis, gejala orchitis muncul dan berkembang lebih bertahap, di antaramya:

  • Epididimitis awalnya akan menyebabkan lokasi nyeri dan pembengkakan pada bagian belakang testis selama beberapa hari.
  • Infeksi meningkat dan menyebar di seluruh testis.
  • Kemungkinan rasa sakit atau terasa terbakar sebelum atau setelah buang air kecil.

Cara Mengatasi Orchitis di Rumah

Pengobatan orchitis yang alami dengan tepat dapat dilakukan di rumah yang dapat membantu mengatasi gejalanya, berikut di antaranya:

1. Menggunakan obat bebas

Obat antiinflamasi nonsteroid yang bisa Anda dapatkan di apotek tanpa resep dokter seperti ibuprofen atau naproxen dan acetaminophen yang dapat membantu mengatasi rasa sakit. Obat-obatan nyeri narkotika dapat diresepkan oleh dokter jika nyeri yang parah.

2. Pakai celana dalam yang tepat

Menggunakan celana dalam yang nyaman dan tidak terlalu ketat adalah cara yang tepat untuk mencegah rasa sakit pada testis bengkak karena orchitis.

Anda juga bisa menggunakan celana dalam atletik untuk membantu mengatasi skrotum bengkak dan dapat membuat Anda lebih nyaman saat berdiri.

3. Kompres es

Mengompres dengan es ke area skrotum dapat mengurangi ketidaknyamanan, berikut cara mengompres dengan es pada tetsis bengkak:

  • Es tidak boleh langsung dikompreskan ke kulit testis karena dapat menyebabkan luka membeku. Sebaiknya es harus dibungkus dengan kain dan kemudian dikompreskan ke buah zakar bengkak.
  • Kompres es dapat diterapkan selama 10-15 menit pada suatu waktu, beberapa kali sehari selama 1-2 hari pertama. Cara ini dapat membantu mengurangi rasa sakit pada testis bengkak sebelah atau bahkan keduanya.

4. Mengonsumsi dandelion

Mengonsumsi dandelion, baik dalam bentuk teh atau menggunakannya dalam bentuk daun dandelion segar sebagai campuran salad. Tanaman herbal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit.

5. Menjaga kebersihan

Jagalah kebersihan testis dengan mencuci testis secara teratur dan benar dengan sabun ringan tanpa wewangian. Cara ini akan menghilangkan bakteri dari area testis dan menghilangkan iritasi. Gunakan juga produk khusus kulit sensitif untuk mencuci semua pakaian dalam Anda. Kemungkinan penggunakan deterjen dapat mengganggu.

6. Vaksin gondong

Melakukan inokulasi (pemindahan mikroorganisme bakteri atau jamur dari asalnya) dengan benar terhadap gondong akan membuat orchitis jenis tertentu menjauh dan mengurangi kemungkinan tertular penyakit.

7. Hindari mengangkat benda berat

Jangan mengangkat barang-barang berat karena ini akan menyebabkan orchitis bertahan lebih lama atau lama sembuh dan dapat menyebabkan lebih sering merasa sakit.

8. Menggunakan daun sirih

Daun sirih sudah lama digunakan untuk obat analgesik, untuk menyembuhkan peradangan, kulit memar, infeksi yang terjadi kulit baik luar bahkan juga dalam.

Daun sirih juga bisa mengatasi gejala testis bengkak dan tidak menimbulkan efek samping.

Membuat ramuan daun sirih cukup mudah, caranya tumbuk beberapa daun sirih kemudian campur dengan madu. Oleskanlah pada testis bengkak dan biarkan selama 3 hingga 4 jam. Setelah mengering, bersihkan menggunakan air hingga bersih.

Selain ditumbuk, Anda juga bisa meminum rebusan daun sirih. Siapkanlah beberapa helai daun sirih, rebus dengan beberapa gelas air hingga mendidih. Saringlah air rebusan setelah dibiarkan menjadi hangat. Minumlah air rebusan sirih ini dua kali sehari saat pagi dan malam.

9. Menggunakan kunyit

Selain untuk bumbu masakan, rempah yang satu ini juga sudah lama digunakan untuk membantu mengatasi infeksi kantung kemih pada pria.

Kunyit mengandung bahan aktif bernama kurkumin. Kandungan ini bermanfaat untuk antibakteri, antijamur, dan antipembengkakan, yang mungkin dapat mengatasi testis bengkak secara alami.

Cara membuat ramuan kunyit juga sama, Anda hanya merebus beberapa ruas kunyit yang sudah dipotong kecil. Saring dan dinginkan kemudian minum secara rutin dua kali sehari saat pagi dan malam.

10. Istirahat

Beristirahatlah di tempat tidur dengan meninggikan skrotum ketika duduk atau berbaring untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Mungkin Anda bisa meletakkan handuk yang digulung di bawah skrotum.

Itulah cara mengatasi orchitis pada pria yang bisa Anda terapkan di rumah. Yuk, mulai sekarang jaga kesehatan prostat Anda, Teman Sehat!