Yuk Jaga Kesehatan Otak dengan Cara ini!

doktersehat-sakit-kepala

DokterSehat.Com– Tak hanya fisik saja, otak adalah salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya. Sebab, seseorang bisa dikatakan sempurna sehatnya ketika keadaan fisik dan otak tidak terganggu, alias baik-baik saja. Sampai saat ini, tidak sedikit orang yang terkesan tidak adil dalam menjaga kesehatan fisik dan otak. Sebab, menurut hasil survey lembaga kesehatan di New York mengatakan bahwa hampir 60 persen orang hanya mementingkan kesehatan fisik, tanpa memperdulikan kesehatan otak.

Hal tersebut dikarenakan menjaga kesehatan fisik adalah sebuah rutinitas yang terbilang mudah dan cukup familiar dilakukan. Untuk mendapatkan kesehatan fisik, banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya berolahraga dan menjaga pola makan untuk mengonsumsi makanan sehat.

Namun, bagaimana cara untuk menyehatkan otak? Tidak banyak yang tahu bagaimana cara menjaga otak agar senantiasa sehat. Pasalnya, ketika otak tidak sehat, maka hasil latihan Anda selama ini akan sia-sia. Untuk itu, ketahuilah cara menyehatkan otak berikut ini:

1. Senam Otak

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah brain gym atau senam otak, bukan? Ya, bukan hanya fisik saja, tapi otak juga perlu senam untuk menjaga kesehatannya. Sebab, dengan melakukan senam otak akan terus melatih dan meningkatkan kinerja otak. Hasilnya, Anda akan memiliki pemikiran yang brilian sehingga bisa bisa berpikir sangat jernih dalam setiap situasi.

2. Mendengarkan Musik

Cara ini terkesan simple dan sederhana, tapi ada manfaat bagi otak ketika Anda mendengarkan musik. Sebab, musik dapat menstimulus otak untuk menghasilkan hormon bahagia. Semakin tinggi tingkat bahagia yang dialami, maka akan semakin bergairah pula fisik seseorang. Sebagai contoh, ketika seseorang sedang sibuk kerja biasanya mereka akan mendengarkan musik untuk menambah mood dalam bekerja untuk merileksasi otak agar pekerjaan menjadi tidak membosankan.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Tidur adalah sebuah aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan fisik dan otak seseorang. Umumnya, seseorang disarankan untuk tidur delapan jam setiap hari. Jika kualitas dan kuantitasnya baik, maka otak pun akan semakin sehat. Seperti hasil penelitian yang mengatakan bahwa seseorang dengan kualitas tidur baik memiliki prestasi di atas rata-rata.