15 Cara Mengatasi Darah Tinggi secara Alami

doktersehat-tekanan-darah-tinggi-hipertensi

DokterSehat.Com– Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam periode waktu yang cukup lama. Kenaikan tekanan darah dapat disebabkan oleh penyempitan pembuluh sehingga menimbulkan timbunan lemak dan zat–zat lain. Kondisi ini memerlukan penanganan. Selain menggunakan obat-obatan, ada cara mengatasi darah tinggi secara alami yang bisa Anda praktikkan setiap hari di rumah.

Saat ini sekitar 7 dari 10 orang dewasa berada pada risiko tinggi terkena stroke atau serangan jantung karena tekanan darah mereka terlalu tinggi. Aktivitas yang padat, kurangnya berolahraga, dan banyak mengonsumsi makanan cepat saji menjadi pemicu munculnya penyakit hipertensi.

Cara Mengatasi Darah Tinggi

Jika telah didiagnosis mengalami tekanan darah tinggi, Anda dapat melakukan serangkaian cara menurunkan darah tinggi secara alami berikut ini:

1. Olahraga secara rutin

Cara mengatasi darah tinggi yang pertama adalah olahraga ringan seperti joging yang Anda lakukan secara rutin. Cara ini membawa banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan penyerapan oksigen dan menurunkan tekanan darah dengan cara memperkuat jantung Anda.

2. Mengonsumsi yoghurt

Para ilmuwan menemukan cara mengatasi darah tinggi dengan yoghurt. Para ilmuwan menyebutkan bahwa yoghurt kaya akan kalsium mampu membuat pembuluh darah Anda lebih lentur. Hal ini pun akan bermanfaat untuk sirkulasi darah di dalam tubuh Anda.

3. Rajin mengonsumsi pisang

Mulailah untuk memasukkan pisang sebagai menu sarapan Anda. Pisang diketahui mengandung kalium yang merupakan mineral pentung untuk mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh dan membantu mengatasi darah tinggi.

4. Batasi asupan garam

Cara menurunkan darah tinggi secara alami dengan mengurangi asupan garam dari makanan yang Anda konsumsi. Garam mampu meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri Anda. Oleh karena itu hindarilah mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan instan.

5. Turunkan berat badan

Diet ternyata dapat mengatasi darah tinggi. Berat badan yang berlebih turut menyumbang naiknya tekanan darah. Kelebihan berat badan akan membuat jantung Anda bekerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

6. Berhenti merokok

Nikotin yang terkandung di dalam rokok akan merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin. Adrenalin ini akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan membuatnya bekerja keras. Jadi, berhenti merokok menjadi salah satu cara menyembuhkan darah tinggi.

7. Minum jus seledri

Seledri mengatasi darah tinggi dengan alami sesungguhnya sudah lama dipakai di dalam penyembuhan tradisional China. Penelitian sudah membutktikan bahwa minum jus seledri setiap hari sepanjang satu pekan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini didukung oleh tingginya kalium, mineral serta antioksidan yang ada di dalam seledri.

Seledri juga diketahui memiliki kandungan senyawa 3-N-Butilphthalide (BNP) yang berguna untuk merenggangkan atau melebarkan otot-otot dinding arteri hingga memungkinkan darah mengalir lebih lancar. Pthalides juga bisa mengurangi hormon stres yang dapat mengakibatkan pembuluh darah mengerut.

8. Kurangi kerja lembur

Dibandingkan dengan mereka yang memiliki jadwal kerja yang teratur, para pekerja yang bekerja lembur berpotensi untuk terkena tekanan darah tinggi hingga 29%. Alasanya, karensa lembur akan membuat Anda sulit mempunyai waktu untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Maka tidurlah teratur untuk mengatasi darah tinggi.

9. Atasi mendengkur saat tidur

Mendengkur keras saat tidur adalah salah satu gejala sleeping apnea, yang merupakan penyebab tekanan darah tinggi. Maka atasi dengkuran dengan cukup tidur, atur posisi tidur, cukup minum air, hindari alkohol dan obat tidur. Kemiasaan ini cukup efektif untuk mengatasi darah tinggi.

10. Kurangi konsumsi kafein

Mengurangi minum kopi merupakan salah satu Cara menyembuhkan darah tinggi. Peneliti dari Duke University Medical Center, Amerika Serikat menemukan bahwa mengonsumsi kafein sebanyak 500 mg atau setara dengan 3 cangkir kopi dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

11. Konsumsi bawang putih

Mengonsumsi bawang putih juga merupakan cara menyembuhkan darah tinggi bukan tanpa alasan, dikarenakan senyawa alisin yang ada pada bawang putih berguna untuk melebarkan serta menghindar pembekuan darah, penyebab berlangsungnya hipertensi. Karakter bawang putih lainnya yang baik untuk menghindari darah tinggi yaitu kemampuannya menghancurkan lemak serta turunkan kandungan kolesterol jahat (LDL).

12. Belajar mengelola stres

Stres menjadi penyebab utama tekanan darah tinggi. Ketika Anda mengalami stres kronis, tubuh berada dalam mode fight-or-flight (melawan atau menyerah) yang konstan. Pada tingkat fisik, itu berarti detak jantung yang lebih cepat dan pembuluh darah yang terbatas.

Ketika mengalami stres, Anda mungkin juga lebih cenderung terlibat dalam perilaku lain, seperti minum alkohol atau makan makanan yang tidak sehat, yang dapat berdampak negatif terhadap tekanan darah.

Beberapa penelitian telah meneliti bagaimana mengurangi stres dapat membantu menurunkan tekanan darah. Berikut adalah dua cara menyembuhkan darah tinggi yang bisa Anda coba:

  • Dengarkan musik yang menenangkan: Mendengarkan musik yang mendayu dapat membantu merilekskan sistem saraf. Penelitian telah menunjukkan ini merupakan pelengkap yang efektif untuk terapi tekanan darah lainnya.
  • Kurangi aktivitas: Bekerja banyak, dan situasi kerja yang penuh tekanan secara umum, terkait dengan tekanan darah tinggi.

13. Makan cokelat

Tidak hanya bermanfaat menenangkan, makan cokelat juga menjadi cara mengatasi tekanan darah tinggi. Tapi, konsumsi cokelat dengan porsi sedikit, karena makan cokelat dalam jumlah banyak mungkin tidak akan membantu jantung Anda. Itu karena cokelat hitam dan bubuk cokelat kaya akan flavonoid, senyawa tumbuhan yang menyebabkan pembuluh darah melebar.

Studi menemukan bahwa kakao kaya flavonoid yang dapat meningkatkan beberapa penanda kesehatan jantung dalam jangka pendek, termasuk menurunkan tekanan darah. Untuk efek yang paling kuat, gunakan bubuk cokelat murni, yang sangat tinggi dalam flavonoid dan tidak mengandung gula.

14. Makan buah beri

Berries atau beri mengandung polifenol, senyawa tumbuhan alami yang baik untuk jantung Anda.

Satu penelitian telah dilakukan pada orang setengah baya dengan mengonsumsi buah beri selama delapan minggu. Hasilnya, peserta mengalami peningkatan kesehatan jantung, termasuk tekanan darah.

Jadi, polifenol yang melimpah di dalam buah berries dapat membantu menurunkan tekanan darah dan risiko keseluruhan penyakit jantung. Tentu, mengonsumgi buah beri secara rutin menjadi salah satu cara menyembuhkan darah tinggi.

15. Konsumsi makanan yang kaya magnesium

Cara mengatasi tekanan darah tinggi selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makan yang mengandung magnesium. Magnesium adalah mineral penting yang membantu pembuluh darah rileks. Sementara kekurangan magnesium cukup langka, banyak orang tidak mendapatkan cukup.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa terlalu sedikit magnesium menyebabkan tekanan darah tinggi, tetapi bukti dari studi klinis ini masih belum jelas.

Namun, makan diet kaya magnesium adalah cara yang disarankan untuk menangkal tekanan darah tinggi.

Anda bisa mendapatkan megnesium yang terkandung dalam sayuran, produk susu, kacang-kacangan, ayam, daging dan biji-bijian. Magnesium adalah mineral penting yang membantu mengatur tekanan darah. Magnesisum juga dapat ditemukan dalam makanan utuh, seperti kacang polong dan gandum utuh.