DokterSehat.ComРBerpuasa tidak hanya dilakukan saat bulan puasa. Kita bisa melakukannya di saat-saat lain baik itu berupa puasa sunnah atau memang sengaja berpuasa demi program diet. Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa cara menurunkan kolesterol secara alami bida dilakukan dengan puasa.

kolesterol-tes-doktersehat

Sebenarnya, kolesterol dibutuhkan tubuh untuk mendukung berbagai macam fungsi sel dan produksi beberapa hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika kadar kolesterol berlebihan akibat gaya hidup yang tidak sehat, maka risiko untuk mengalami masalah penyakit jantung dan pembuluh darah bisa meningkat.

Demi mencegah datangnya penyakit-penyakit tersebut, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menambah jumlah kolesterol baik (HDL) dan menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL). Beruntung, menurut pakar kesehatan, berpuasa bisa memberikan dampak tersebut.

Kolesterol baik memiliki fungsi untuk menangkap kolesterol bebas yang ada di dalam pembuluh darah dan berpotensi menyebabkan penumpukan plak yang berbahaya. Kolesterol bebas ini kemudian dialihkan ke hati untuk dimetabolisme.

Semakin banyak jumlah kolesterol baik, semakin baik dampaknya bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, kita justru diminta untuk menekan serendah mungkin kadar kolesterol jahat demi mencegah datangnya penyakit berbahaya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Maroko dan melibatkan 32 orang yang sedang menjalani puasa, dihasilkan fakta bahwa berpuasa di bulan Ramadhan bisa menurunkan kadar kolesterol total hingga 7,9 persen lebih rendah.

Pada akhir bulan Ramadan, diketahui bahwa kadar kolesterol baik meningkat hingga 14,3 persen dan kadar kolesterol jahat bisa ditekan hingga 2,6 persen. Hanya saja, manfaat berpuasa ini juga disertai dengan catatan bahwa para partisipan menjalani diet lebih rendah lemak selama menjalani ibadah puasa.

Penelitian lain yang dilakukan di Universitas Teknologi MARA, Malaysia yang melibatkan 31 mahasiswa juga menghasilkan fakta yang serupa, yakni mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan mengalami peningkatan kadar kolesterol baik, penurunan kadar kolesterol jahat, penurunan berat badan, dan penurunan kadar trigliserida dengan signifikan.

Melihat adanya fakta ini, tak ada salahnya untuk melakukan puasa untuk mencoba cara menurunkan kolesterol dengan cepat dan alami. Selain itu, pastikan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat demi mendapatkan manfaat kesehatan ini dengan maksimal.