Cara Cepat Mencegah dan Menurunkan Kolesterol Tinggi

cara-menurunkan-kolesterol-tinggi-doktersehat

DokterSehat.Com – Beberapa orang mungkin awam dengan masalah kolesterol dan hanya menganggap kalau semua kolesterol buruk untuk tubuh. Sebenarnya, kolesterol juga memiliki fungsi untuk tubuh. Meskipun demikian, Anda harus mencegah kenaikan kolesterol jahat dipicu oleh kelebihan LDL dan tentunya Anda harus tahu cara menurunkan kolesterol tinggi.

Berkebalikan dengan LDL, HDL yang juga sama-sama diproduksi oleh tubuh justru memberikan dampak yang baik. HDL akan mengurangi LDL dalam tubuh, sehingga efek samping pada pembuluh darah tidak akan terjadi. Berikut ulasan singkat tentang cara menurunkan dan mencegah kenaikan kolesterol berbahaya atau jahat pada tubuh.

Cara menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh

Menurunkan kadar kolesterol di tubuh sebenarnya susah-susah gampang. Kalau Anda konsisten melakukannya mungkin tidak kambuh lagi. Kalau sering melanggar pantangan, kemungkinan kambuh lagi akan besar. Berikut beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh:

  • Statins

Statins adalah salah satu obat yang paling banyak digunakan oleh penderita kolesterol tinggi agar selalu sehat dan tidak mengalami komplikasi. Statins adalah jenis blocker yang akan membuat hati tidak memproduksi kolesterol dalam junlah banyak. Selain itu, obat ini juga membantu penyerapan kembali kolesterol yang sudah menempel di dinding arteri sehingga kemungkinan terjadi masalah seperti jantung koroner tidak akan terjadi.

  • Bile-acid-binding resins

Obat ini juga berguna untuk membantu tubuh menyerap kolesterol yang jumlahnya terlalu banyak di dalam tubuh. Obat juga membuat tubuh memproduksi cairan empedu dari kelebihan kolesterol yang diproduksi oleh hati. Kolesterol yang sudah terlanjur menjadi cairan empedu ini bisa digunakan untuk menurunkan kadar LDL di dalam darah.

  • Cholesterol absorption inhibitors

Obat ini bisa menjadi cara menurunkan kolesterol tinggi yang efektif karena akan membatasi jumlah kolesterol yang diserap oleh tubuh dari usus. Dengan obat ini, penyerapan akan rendah, sehingga gangguan di pembuluh darah tidak terjadi. Oh ya, obat ini bisa dikombinasikan dengan Statins.

  • Obat injeksi

Beberapa dokter juga menggunakan obat injeksi untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dengan cepat. Obat ini digunakan untuk orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu dan tidak mempan menggunakan obat jenis Statins yang banyak berada di pasaran atau diresepkan oleh dokter.

Cara mencegah kolesterol naik

Berbagai cara menurunkan kolesterol tinggi di atas mungkin belum dirasa berguna bagi Anda yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut. Perlu diketahui bahwa kolesterol di dalam tubuh bisa naik karena pola makan yang buruk dan faktor risiko lainnya. Meski demikian, Anda bisa mengantisipasiya dnegan melakukan cara mencegah kolesterol naik i bawah ini:

  1. Melakukan olahraga

Melakukan olahraga secara rutin bisa meningkatkan kesehatan secara menyeluruh khususnya yang berhubungan dengan jantung, Dengan olahraga, kemungkinan terjadi kenaikan lemak di dalam tubuh akan rendah. Kondisi obesitas tidak akan terjadi sehingga peluang terjadi kenaikan kolesterol di dalam darah juga rendah.

Berdasarkan beberapa penelitian terkait dengan olahraga dan kolesterol, kadar HDL di dalam tubuh meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Sementara itu kadar LDL justru menurun sehingga peluang terjadi gangguan pada jantung akan rendah.

  1. Memerhatikan asupan lemak

Memerhatikan asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh bisa menjadi cara mencegah kolesterol naik yang paling mudah dilakukan. Hindari lemak trans dan perbanyak lemak dengan jenis polyunsaturated khususnya omega-3 dan monosaturated. Gunakan minyak kelapa yang bening ketimbang minyak dari kelapa sawit yang berwarna kuning.

  1. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan akan membuat total kolesterol di dalam tubuh menurun. Selain itu, tubuh juga menekan hati untuk tidak terus menghasilkan kolesterol khususnya LDL yang memberikan dampak buruk. Obesitas yang menurun pada tubuh akan melipatkan kerja dari HDL sehingga LDL di dalam darah bisa segera diatasi.

  1. Berhenti merokok

Rokok menyebabkan gangguan pada sistem imunitas sel. Racun yang terkandung di dalamnya menyebabkan tubuh tidak bisa mengembalikan kolesterol yang menempel di pembuluh darah kembali ke aliran. Sebenarnya, berhenti merokok sudah bisa menjadi cara mencegah kolesterol naik yang paling berpengaruh.

  1. Mengonsumsi serat yang cukup

Mungkin Anda tidak akan menduga kalau serat yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan penurunan LDL di dalam tubuh. Serat yang tidak bisa diserap tubuh ini akan menjadi tempat hidup bagi probiotik. Nah, probiotik inilah yang mencegah penyerapan LDL ke darah dan disalurkan ke seluruh tubuh.

Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi seperti kacang polong, buah, oat, dan biji-bijian. Anda juga bisa menggunakan suplemen seperti psyllium yang aman dan harganya cenderung lebih murah dari suplemen serat lainnya.

Faktor risiko kenaikan kolesterol dalam tubuh

Naiknya kolesterol jahat atau LDL pada tubuh juga dipengaruhi oleh faktor risiko. Faktor ini ada yang bisa dikontrol dan ada juga yang tidak bisa dikontrol. Jika di atas kita sudah emmbahas cara menurunkan kolesterol dan juga cara mencegah kenaikan kolesterol, berikut beberapa faktor risiko kenaikan kolesterol dalam tubuh:

  • Faktor yang tidak bisa dikontrol

Faktor yang tidak bisa dikontrol ini terdiri dari gender, usia, dan riwayat keluarga. Wanita lebih rentan terkena peningkatan LDL dibanding pria saat mereka mengalami menopause. Hal ini meningkatkan peluang terjadinya gangguan pada tubuh seperti penyakit jantung.

Usia dari seseorang yang berada di angka 45-55 tahun juga berisiko sebabkan kenaikan LDL di dalam darah. Terakhir masalah riwayat dari keluarga. Kalau di dalam keluarga ada yang pernah mengalaminya kemungkinan mengalami kolesterol tinggi dan gangguan jantung akan tinggi.

  • Faktor yang bisa dikontrol

Faktor yang bisa dikontrol dari kondisi kenaikan kolesterol jahat pada tubuh adalah diet dan pola makan. Kalau seseorang menghindari makanan berminyak dan bersantan kondisi dan juga mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.kolesterol tinggi bisa dicegah. Selanjutnya berat badan berlebihan seperti obesitas dan juga pasif dalam aktivitas juga meningkatkan risiko ini.

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara menurunkan kolesterol tinggi yang berbahaya bagi tubuh. Khusus bagi Anda yang belum memiliki riwayat penyakit ini, sangat disarankan untuk melakukan berbagai cara mencegah kolesterol naik agar tetap sehat. Semoga setelah mengetahui cara di atas, Anda bisa lebih menjaga level kolesterol di dalam tubuh.