Cara Menurunkan Berat Badan di Tempat Gym dengan Aman

gym-untuk-menurunkan-berat badan-doktersehat

DokterSehat.Com – Bagi banyak orang, menurunkan berat badan adalah sesuatu yang sulit, namun apabila Anda sudah mengetahui teorinya dasarnya, hal itu adalah sesuatu yang sangat mudah untuk dilakukan. Melakukan gym untuk menurunkan berat badan adalah salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan.

Instruksi saat Melakukan Gym

Apakah gym bisa menurunkan berat badan? itulah pertanyaan yang sering diucapkan saat seseorang mencoba melakukan gym. Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan gym untuk menurunkan berat badan, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter dan ahli gizi. Mereka bisa membantu Anda merencanakan seberapa banyak Anda harus menurunkan berat badan per minggu dan tujuan berat yang harus dicapai dalam periode waktu tertentu.

1. Berlatih kardio

Gym untuk menurunkan berat badan bisa dimulai dengan melakukan latihan kardio dalam bentuk aerobik. Latihan aerobik merupakan cara yang efektif untuk membakar kalori. Anda dapat membakar 300 kalori dalam waktu 20 menit dengan melakukan kegiatan kardio dengan intensitas tinggi di gym.

Pembakaran kalori dapat dengan mudah terjadi apabila Anda melakukan latihan kardio. Pada dasarnya, latihan kardio adalah segala macam aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung dan mempertahankannya untuk beberapa waktu.

2. Melakukan treadmill

Cara menurunkan berat badan di gym berikutnya bisa dilakukan dengan melakukan treadmill disela sesi kardio Anda. Treadmill membantu Anda menggerakkan tubuh bagian atas dan bawah selama berolahraga. Latihan gym menurunkan berat badan ini membantu membakar kalori sekaligus lemak. Anda juga dapat memvariasikan olahraga kardio Anda dengan fitur yang dimiliki oleh treadmill.

3. Gunakan mesin dayung atau sepeda statis.

Mesin dayung didesain untuk menggerakkan seluruh tubuh. Anda dapat membakar lemak dengan menggunakannya untuk berolahraga dalam waktu hanya 20 menit per hari. Selain itu, sepeda statis juga membantu membakar lemak dan mempercepat metabolisme.

4. Gabungkan kegiatan kardio dengan sesi latihan beban.

Melakukan gym untuk menurunkan berat badan tidak hanya dilakukan dengan latihan kardio, Anda juga perlu melakukan latihan beban untuk menjaga sistem metabolisme berjalan baik.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah latihan beban harus berfokus pada gerakan yang kompleks. Gerakan itu mempunyai efek yang besar dibanding gerakan non-kompleks. Sejumlah gerakan kompleks itu adalah pullup, bench press, lunges, squat dan chin-up. 

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah otot Anda bisa terbentuk. Anda boleh berlatih beban menggunakan bantuan alat, mengandalkan bobot tubuh, atau keduanya. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, latihan beban dapat dilakukan 3 kali seminggu selama kurang lebih 45 menit setiap kali latihan.

5. Melakukannya dengan rutin

Buatlah aktivitas gym untuk menurunkan berat badan ini sebagai kebiasaan. Berat badan tidak akan berkurang apabila Anda tidak rutin melakukan gym. Sehingga, ketika muncul pertanyaan apakah gym bisa menurunkan berat badan? Anda sudah bisa menemukan jawabannya sendiri.

Dengan rutin pergi ke tempat gym, tubuh dan pikiran Anda akan dibiasakan untuk berolahraga. Dengan begitu maka penurunan berat badan akan lebih cepat dibanding olahraga yang dilakukan sesekali.

Tip Melakukan Gym yang Aman dan Nyaman

Setelah Anda mengetahui berbagai latihan gym untuk menurunkan berat badan, perlu Anda ketahui juga bahwa gym tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan saja, akan tetapi juga berguna untuk kesehatan tubuh agar terhindari dari berbagai risiko penyakit.

1. Mendapatkan bimbingan dari instruktur

Jika motivasi Anda melakukan gym untuk menurunkan berat badan benar-benar ingin dicapai dan Anda belum paham mengenai alat-alat gym yang tepat, sepertinya Anda harus meminta bantuan dari instruktur. Adanya instruktur membuat Anda melakukan latihan dengan gerakan yang benar, sehingga latihan gym menurunkan berat badan dapat lebih maksimal.

2. Lakukan perlahan dan jangan melupakan pemanasan

Saat Anda baru pertama kali melakukan nge-gym dan senang melakukannya, perlu Anda ketahui sebaiknya latihan gym jangan terlalu sering dilakukan. Mulailah secara perlahan dengan melakukannya secara bertahap beberapa kali dalam seminggu. Sejumlah pakar merekomedasikan gym sebaiknya dilakukan 30 menit sehari dan bisa dilakukan 2-3 hari per minggu. Bagi pemula, sebaiknya lakukan gym 1-2 hari per minggu.

Selain itu, pemanasan adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan untuk meregangkan otot sebelum dan setelah melakukan gym. Peregangan ini akan mengurangi risiko cedera saat Anda berolahraga.

3. Nge-gym bersama orang terdekat

Melakukan gym untuk menurunkan berat badan akan terasa lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama orang-orang terdekat seperti pasangan, saudara, atau rekan kerja. Mereka yang melakukan aktivitas fisik bersama orang dekat dipercaya dapat lebih maksimal untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

4. Mengetahui waktu yang tepat untuk istirahat

Banyak orang berpikir gym untuk menurunkan berat badan akan efektif jika dilakukan setiap hari. Padahal, hal tersebut tidaklah tepat karena Anda perlu mengimbangi waktu antara olahraga dan istirahat. Apabila Anda tidak mengatur waktu istirahat dengan baik, tubuh dan otot tak punya waktu untuk memulihkan diri.

  1. Lakukan gym dengan variasi alat yang beragam

Agar gym untuk menurunkan berat badan dapat berhasil dengan maksimal, Anda tidak hanya memanfaatkan satu alat bantu fitness saja. Anda bisa menggunakan berbagai macam alat yang ada di tempat gym untuk melatih otot.

Pada akhirnya, apakah gym bisa menurunkan berat badan? semua tergantung dari seberapa besar usaha Anda untuk mewujudkannya. Gym untuk menurunkan berat badan harus dilandasi oleh motivasi yang kuat bahwa hal itu juga bisa mengurangi berbagai risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, memperbaiki kemampuan gerak pada penderita osteoarthritis, rasa nyeri, hingga diabetes.

Mendapat manfaat gym untuk menurunkan berat badan adalah tujuan bagi beberapa orang, namun apabila aktivitas ini menimbulkan gangguan kesehatan, maka Anda harus segera menghentikannya.

Perlu diketahui, penurunan berat badan yang aman yaitu sekitar 0,5 kg hingga 1 kg per minggu. Usahakan agar berat badan Anda tidak melebihi kisaran tersebut. Risiko kesehatan yang bisa terjadi apabila berat badan turun berlebihan adalah munculnya batu empedu, badan lelah, hingga kekurangan gizi.