Terbit: 9 Oktober 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada banyak cara menumbuhkan brewok pada pria, yang bisa meningkatkan penampilan lebih maskulin. Sejumlah cara ini dapat menumbuhkan rambut di wajah pria dengan cepat dan lebat. Selengkapnya simak di bawah ini!

12 Cara Menumbuhkan Brewok, Olahraga hingga Berhenti Merokok

Cara Menumbuhkan Brewok

Brewok pada pria tumbuh penuh di usia 18 atau 19 tahun. Sedangkan pria lainnya mungkin memiliki area pertumbuhan yang jarang dari usia 18 sampai di atas usia 20 tahun. Faktor pria memiliki brewok adalah genetik, ras, dan kadar hormon. Namun, pertumbuhan brewok dapat dibantu dengan berbagai cara.

Berikut ini sejumlah cara menumbuhkan brewok pada pria:

1. Olahraga

Rutin berolahraga dapat meningkatkan aliran darah, yang membantu merangsang pertumbuhan folikel rambut. Latihan seperti angkat beban dan latihan kekuatan juga meningkatkan hormon testosteron untuk sementara.

Oleh karena itu, cobalah memvariasikan latihan dan waktu melakukannya. Kadar hormon testosteron secara alami berubah pada pria muda di siang hari, dan akan melonjak di pagi hari dan turun di sore hari.

2. Menjaga Pola Makan

Nutrisi yang baik dapat diperoleh dari makanan yang sehat dan seimbang bisa bermanfaat bagi brewok dan juga tubuh. Jadi, penting untuk menjaga indeks massa tubuh (IMT)  dalam kisaran normal, karena obesitas dapat menurunkan kadar testosteron.

Nutrisi tertentu seperti zinc, mungkin juga bermanfaat untuk kadar testosteron. Pola makan yang sehat dapat membantu rambut tumbuh lebih sehat dan berkilau.

Berikut ini cara menumbuhkan brewok dengan meningkatkan asupan nutrisi yang cukup:

  • Zat besi seperti hati.
  • Biji-bijian dan karbohidrat sehat lainnya.
  • Makanan tinggi zinc seperti kacang-kacangan.

Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang nutrisi yang dibutuhkan dan harus dihindari, yang terkait dengan kondisi kesehatan.

3. Meningkatkan Asupan Protein

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk membantu menumbuhkan brewok yang tebal adalah makan makanan yang tinggi protein.

Lapisan luar rambut sebagian besar terbuat dari keratin dan mengonsumsi makanan tinggi protein seperti kacang-kacangan, daging, dan telur dapat meningkatkan produksi dan penguatan keratin. Ini berarti brewok tidak hanya bertambah lebat, tetapi juga akan menjadi lebih kuat.

4. Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran

Brewok tidak bisa tumbuh tanpa mendapatkan nutrisi yang tepat di dalam tubuh, untuk mendapatkannya kita perlu makan buah dan sayur yang dibarengi dengan pola makan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Lemak sehat, termasuk yang ada pada alpukat, buah-buahan lainnya, dan sayuran yang tinggi vitamin B dan vitamin A, C, D, dan E. Semua vitamin ini dapat membantu pertumbuhan rambut.

Makanan terbaik yang dapat membantu cara menumbuhkan brewok adalah jeruk, kacang brazil, kismis, kentang, kangkung dan bayam.

5. Tidur yang Cukup

Tidur tidak hanya untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga bisa bermanfaat untuk membantu pertumbuhan brewok.

Kadar hormon testosteron dalam tubuh terutama dilepaskan selama tidur. Beberapa faktor seperti tidak cukup istirahat, sleep apnea, dan tidur yang terfragmentasi (sering bangun di malam hari) dapat memengaruhi proses ini secara negatif.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kurang tidur setiap hari dapat menurunkan kadar testosteron pada pria muda yang sehat. Penelitian lain menemukan bahwa kadar testosteron mencapai puncaknya pada sekitar awal siklus tidur REM (tidur dengan gerak mata cepat) pertama, dan tetap pada kadar tersebut sampai bangun.

6. Vitamin dan Suplemen Penumbuh Brewok

Banyak suplemen yang secara khusus digunakan untuk membantu pertumbuhan brewok. Seperti halnya pola makan, tidak ada obat ‘ajaib’ yang mampu mengesampingkan faktor genetik atau keturunan.

Jika tidak bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan melalui pola makan, mengonsumsi suplemen atau multivitamin lengkap dengan zat besi dan zinc mungkin sama bermanfaatnya untuk menumbuhkan brewok.

Tidak seperti rambut di kepala, masih diperdebatkan apakah suplemen dapat membantu memperkuat rambut di wajah.

Meskipun tidak akan menumbuhkan rambut baru, tetapi ada manfaat yang bagus bahwa vitamin akan membantu menebalkan dan melembutkan rambut yang sudah ada, selain membuat brewok tumbuh lebih cepat.

Salah satunya adalah suplemen biotin sebagai cara menumbuhkan brewok dengan cepat.

7. Membersihkan dan Melembapkan Kulit Wajah

Menjaga kulit dan brewok tetap bersih dan lembap dapat memberikan efek positif pada penampilan brewok.

Menjaga pori-pori tetap terbuka dengan mengelupas wajah akan membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran di sekitar setiap folikel rambut. Ini juga akan membantu mengurangi rambut yang tumbuh ke dalam (ingrown hair) di bawah brewok.

Menggunakan kondisioner tanpa bilas yang buat khusus untuk brewok dapat membantu menutrisi rambut, menjaganya tetap lembut dan lembap. Cara ini akan menghilangkan ketombe pada brewok dan membuatnya terlihat lebih tebal.

8. Rogaine

Rogaine adalah merek dagang minoxidil, krim yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok di kulit kepala. Meskipun beberapa orang meyakini bahwa ini membantu mempertahankan brewok yang terlihat lebih tebal, namun satu-satunya penelitian yang meneliti efeknya pada rambut wajah hanya menemukan peningkatan 3 persen dibandingkan dengan plasebo.

9. Minyak Penumbuh Brewok

Untuk brewok yang melewati fase dua minggu setelah mengalami kerontokan, banyak minyak brewok yang beredar di pasaran dapat melembutkan rambut di wajah dan mengurangi gatal pada brewok. Selain itu, minyak ini sekaligus memulihkan kelembapan secara alami.

10. Microneedling

Microneedling adalah metode menusuk wajah dengan serangkaian jarum kecil untuk meningkatkan aliran darah. Metode ini terbukti efektif merangsang pertumbuhan rambut untuk pola kebotakan pria.

Microneedling juga digunakan pada kulit wajah, namun cara menumbuhkan brewok ini belum terbukti secara medis.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Jenggot agar Tetap Rapi dan Sehat

11. Mengurangi Stres

Kerontokan rambut di kepala atau di wajah terkait dengan stres. Oleh karena itu, mengurangi stres bisa membantu menumbuhkan brewok lebih cepat.

Beberapa penelitian menemukan bahwa stres dapat menyebabkan kerontokan rambut di kulit kepala. Stres juga dapat memengaruhi ketebalan brewok, tetapi hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

12. Berhenti Merokok

Tidak merokok dapat membantu kemampuan tubuh untuk menumbuhkan rambut di wajah. Merokok memiliki efek yang sama pada rambut seperti penuaan. Merokok mengganggu sirkulasi, sehingga menurunkan aliran darah kapiler ke akar rambut.

Hal tersebut dapat mengakibatkan sel-sel tidak memenuhi kebutuhan optimal untuk pertumbuhan dan mitosis normal.

Rokok mengandung lebih dari 4800 bahan kimia dan juga menyebabkan stres oksidatif pada semua pertumbuhan rambut dan pigmentasi.

Merokok mengurangi banyak vitamin dengan radikal bebasnya yang menghancurkan sel. Ketika vitamin B habis, kandungan rokok mengganggu jalur metabolisme untuk melanin (pigmen warna). Hal ini dapat menyebabkan rambut beruban sebelum waktunya.

_

Itu dia beberapa cara dan penumbuh brewok yang bisa pria coba untuk meningkatkan penampilan maskulin. Namun, sebelum mencoba cara tersebut sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi kulit wajah, riwayat medis, dan alergi. Ini untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan.

 

  1. Anonim. 2020. Tips for Faster Beard Growth: How Does Facial Hair Grow?. https://www.themanual.com/grooming/how-fast-does-facial-hair-grow/. (Diakses pada 9 Oktober 2020)
  2. How to make facial hair grow faster: tips, tricks and myths. https://www.gosocial.co/tips-on-how-to-make-facial-hair-grow-faster/. (Diakses pada 9 Oktober 2020)
  3. Schaefer, Anna. 2019. How to Make Facial Hair Grow. https://www.healthline.com/health/how-to-make-facial-hair-grow#testosterone. (Diakses pada 9 Oktober 2020)
  4. Whelan, Corey. 2018. How to Grow a Beard Faster. https://www.healthline.com/health/beard-growth-fast. (Diakses pada 9 Oktober 2020)
  5. Yetman, Daniel. 2020. 5 Reasons Why You Can’t Grow a Beard. https://www.healthline.com/health/why-cant-i-grow-a-beard. (Diakses pada 9 Oktober 2020)
  6. Yetman, Daniel. 2020. Best Methods for Growing a Beard on the Cheeks. https://www.healthline.com/health/how-to-grow-beard-on-cheeks. (Diakses pada 9 Oktober 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi