Cara Menstimulasi Produksi Kolagen pada Kulit

menstimulasi-kolagen-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Kolagen merupakan unsur yang sangat penting terkait kesehatan kulit. Terutama untuk menjaga kekencangan kulit. Sebagai tambahan informasi, kolagen merupakan sejenis protein yang menjaga kulit tetap kenyal dan terlihat awet muda. Sayangnya, produksi kolagen akan berkurang saat Anda memasuki usia 20-an.

Kondisi demikian tidak jarang menjadikan kulit lebih mudah mengalami sejumlah masalah. Mulai dari kulit yang mengendur hingga munculnya garis-garis halus di beberapa sudut wajah. Kendati demikian, rupanya hal tersebut dapat diakali dengan beberapa cara berikut yang puh meningkatkan produksi kolagen.

1. Melakukan Facial

Facial merupakan salah satu perawatan yang kerap dipilih untuk mengembalikan kesegaran kulit wajah. Pasalnya, beberapa gerakan pada Facial mampu melancarkan peredaran darah pada kulit. Tidak hanya itu saja, sejumlah gerakan pada facial ternyata juga ampuh menstimulasi produksi kolagen yang lebih banyak. Jadi jangan heran jika kulit akan terasa lebih kencang dan kenyal setelah menjalani facial.

2. Mengaplikasikan Produk dengan Kandungan Kolagen

Dilansir dari laman Cosmopolitan, Anda dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dengan mengaplikasikan produk yang mengandung kolagen. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan produk dengan kandungan asam amino kolagen. Pasalnya, produk satu ini lebih mudah meresap ke dalam lapisan kulit dan merangsang pembentukan kolagen yang baru. Berbeda lagi jika Anda menggunakan kolagen dalam bentuk krim yang hanya akan menempel pada permukaan kulit saja.

3. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Selain menjalani perawatan dan menggunakan produk khusus, Anda juga diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang lebih menyehatkan. Dilansir dari Cosmopolitan, makanan yang mengandung zat sulfur merupakan makanan yang tepat. Apalagi zat sulfur merupakan zat yang dapat membentuk kolagen pada kulit secara alami. Lebih lanjut, Anda juga disarankan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang ampuh mencegah terjadinya proses oxidative stress.

Nah, siapa yang menyangka jika kolagen ternyata memiliki peran yang sangat penting terkait dengan kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan mengetahui beberapa cara di atas, diharapkan Anda dapat menjaga kulit dengan lebih optimal. Jangan lupa pula untuk selalu menggunakan produk yang tepat dan menjalankan gaya hidup sehat.